Benarkah Gaji Karyawan Bank Syariah Termasuk Riba?

Penceramah Buya Yahya
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimUlama kharismatik Tanah Air, Buya Yahya mengatakan bahwa banyak bank syariah yang ada di Indonesia kini belum sepenuhnya menjalankan bisnisnya dengan aturan yang sesuai dengan syariat Islam. Lalu, bagaimana dengan gaji Bank Syariah?

Buya Yahya: Bagaimana Hukum Puasa Syawal tapi Masih Punya Utang di Ramadan?

Pengasuh Pondok Pesantren AL Bahjah, Cirebon itu menjelaskan, meski pada kenyataanya demikian, masyarakat Indonesia tidak berarti harus menolak adanya bank syariah. Akan tetapi dia mengajak untuk sama-sama menyempurnakannya.

“Kalau masih ada sisa-sisa riba, kita sempurnakan, jangan malah digembosi, jangan diprovokasi untuk meninggalkan bank syariah,” ujar dilansir dari YouTube Al Bahjah TV, Senin 15 Mei 2023,

Bagaimana Hukum Memberi Zakat Fitrah ke Orang Tua Sendiri? Ini Kata Buya Yahya

Dia menyampaikan, jika masih ditemukan ada kekurangan di dalam segi kehalalan transaksi, maka hal demikian menjadi tugas ulama bersama pengelola bank syariah untuk membenahi. Dia menegaskan, bank syariah tidak sama dengan bank konvensional. 

Menurut Buya Yahya, sejauh ini bank syariah sudah berupaya memberikan solusi bagi umat Islam untuk keluar dari jerat riba. Adapun gaji yang diterima karyawan bank syariah dia mengatakan halal dan tidak termasuk riba.

Lebaran Identik dengan Baju Baru? Ini Kata Buya Yahya

“Gaji Anda halal, nggak usah khawatir,” tutup Buya Yahya.

Berita ini telah dipublikasikan di Viva.co.id Berjudul 

Halaman Selanjutnya
img_title