Revolusi Putih, Tawaran Solusi Gus Fawait Cegah Stunting di Jatim

Ketua F-Gerindra DPRD Jawa Timur, Gus Fawait
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jatim – Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur Muhammad Fawait disambati konstituennya dari kalangan emak-emak terkait stanting yang masih tinggi di sejumlah daerah di kawasan Tapal Kuda Jawa Timur. 

Elektabilitas Anwar Sadad di Pilgub Jatim Capai 9 Persen Menurut Survei ARCI

Angka stanting di beberapa kabupaten di Jatim masih menjadi PR yang harus dituntaskan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Seperti di Kabupaten JemberBondowoso dan Situbondo yang angka stuntingnya masih di atas 30%. 

"Jember tepatnya masih di angka 34,%. Padahal  target dari pemerintah pusat adalah di bawah 10%. Tak heran ketika saya ketemu emak-emak di Kabupaten Jember mereka sangat mengkhawatirkan dengan angka stunting tersebut," kata Gus Fawait dikonfirmasi Viva Jatim, Jumat 26 Mei 2023. 

Rakor Bersama BNPB, Pj Gubernur Adhy Pastikan Pemprov Jatim Bantu Rekonstruksi Bangunan Pasca Gempa

Demi mengentaskan stunting ini, menurut Presiden Laskar Shalawat Nusantara ini, adalah genjotan pengetahuan ibu-ibu soal kehamilan hingga 1000 hari pertama bayi lahir, agar stunting dapat ditekan 

"Ini juga tak lepas dari angka kemiskinan yang relatif banyak di daerah daerah yang angka stuntingnya masih tinggi," ujar Gus Fawait.   

Atasi Stunting, Ribuan Bungkus Abon Ikan Kembung Dibagikan kepada 250 Balita di Surabaya

Kasus stunting yang tinggi ini, lanjut Fawait lebih berbahaya dibanding hal yang lain. Alasannya, stunting ini dialami anak-anak balita hingga usia 2 tahun yang mengalami perlambatan pertumbuhan sehingga lebih parah dibanding gizi buruk. Padahal generasi muda adalah masa depan bangsa Indonesia ke depan. 

"Bayangkan apabila semakin banyak balita kita yang kategori stunting maka kualitas dari generasi penerus masa depan di Jatim atau di kabupaten tersebut juga menjadi tidak berkualitas atau terganggu. Makanya Fraksi Partai Gerindra akan memperjuangkan persoalan ini di P-APBD 2023 supaya Pemprov Jatim membantu kabupaten yang angka stuntingnya masih tinggi," kata Bendahara Ansor Jatim itu. 

Halaman Selanjutnya
img_title