Warga Malang dan Mahasiswa NTT Berdamai Usai Ricuh Teguran Azan

Kapolsek Lowokwaru AKP Anton Widodo
Sumber :
  • viva.co.id

Jatim – Akhirnya, warga di lingkungan Jalan Joyo Suryo, Merjosari, Lowokwaru, Kota Malang, dengan mahasiswa asal Nusa Tenggara Timur (NTT) sepakat berdamai setelah sebelumnya terjadi kericuhan. Jumat, 26 Mei 2023. Mereka pun bersepakat mencabut laporan di kepolisian. 

Hendak Bentrok, Puluhan Pesilat dari 3 Perguruan Diamankan Polisi di Mojokerto

Diketahui sebelumnya, peristiwa terjadi karena adanya teguran warga kepada mahasiswa NTT saat azan magrib. Mereka ditegur lantaran berisik saat waktu azan Maghrib. Namun teguran itu tak diindahkan hingga akhirnya berujung bentrok pemukulan dan perusakan. 

Namun kedua belah pihak menyatakan berdamai setelah dimediasi di Mapolresta Malang Kota pada Senin, 29 Mei 2023. Perwakilan warga termasuk pemilik rumah kos dipertemukan dengan mahasiswa dan organisasi daerah Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Mahasiswi Unibraw Tewas Bunuh Diri dari Lantai 12, Identitasnya Terungkap

"Telah dilaksanakan mediasi dari kedua belah pihak baik warga Joyo Suryo dan mahasiswa dari NTT yang pada Jumat kemarin berselisih paham. Intinya dari pihak warga menyatakan itu adalah kesalahpahaman dan mereka bersepakat menempuh jalan kekeluargaan," kata Kapolsek Lowokwaru, Ajun Komisaris Polisi Anton Widodo, dilansir dari VIVA, Selasa, 30 Mei 2023.

Anton menuturkan, pasca kericuhan yang mengakibatkan 5 rumah warga alami kerusakan pecah kaca. Baik warga dan mahasiswa saling lapor ke polisi. Mahasiswa lapor ke Polsek Lowokwaru atas tindakan pemukulan. Sementara warga lapor ke Polresta Malang Kota atas tindakan pengrusakan. 

Kini Bitung Kondusif, Wali Kota: Jangan Sebarkan Video dan Foto Provokasi

"Walaupun saat ini sudah terbit laporan polisi dari Orda (organisasi daerah) NTT dan warga. Namun karena rasa keadilan sudah didapat kedua belah pihak maka untuk kasus ini akan dilakukan restorative justice. Iya (dicabut) karena sudah sepakat damai," ujar Anton. 

Anton menuturkan upaya perdamaian menjadi solusi paling baik agar kedua belah pihak kembali hidup berdampingan dengan rasa aman dan nyaman. Anton menuturkan, tidak semua kasus harus bergulir di pengadilan. 

Halaman Selanjutnya
img_title