Cara Mudah dan Efektif Atasi Pegal Linu, Mandi Air Hangat

Ilustrasi Pegal Linu
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimDokter Spesialis Rehab Medik, dr. Natalia Loekita, Sp.KFR mengatakan bahwa pijat bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi pegal linu. Hal tersebut dijelaskan dalam program Hidup Sehat TvOne, pada Senin 1 Mei 2023 kemarin.

Ketahui Titik Pijat Tepat Redam Sakit Kepala hingga Sulit Tidur di Tubuh

“Memang karena dengan pijatan akan melemaskan otot-otot yang kaku. Kemudian dengan pijatan akan menstimulasi endorfin, yang membuat kita menjadi rileks. Simulasi pijatan diketahui akan ada penekanan yang menutupi rasa nyeri di tubuh dari sakit,” jelas Natalia dilansir dari VIVA.

Namun, Natalia menekankan agar tidak memijat dengan tekanan yang kencang dan berlebihan.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Ungkap Manfaat Makan Toge, Benarkah Berguna untuk Kesuburan?

“Sesuatu yang tidak berlebihan tidak baik. Ketika ditekan terlalu berlebihan dapat menumbuhkan peradangan. Maka lebih baik dengan penekanan yang pelan, kalau dipijat dengan gerakan yang pelan akan membuat otot yang kaku menjadi lemas,” kata dia. 

Selain dengan dipijat, menghilangkan pegal linu juga bisa diatasi dengan cara mandi dengan air hangat. Sebab air hangat kata Natalia dapat meningkatkan sirkulasi darah hingga menstimulasi endorphin yang buat tubuh jadi lebih rileks.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Sebut Sisi Lain Mengonsumsi Kopi

“Air hangat itu memiliki sifat fasodilisati, pelebaran pembuluh darah yang bisa meningkatkan sirkulasi darah. Air hangat juga bisa menstimulasi endorphin zat anti nyeri yang menyebabkan efek relaksasi,” kata dia. 

Tak hanya dengan mandi menggunakan air panas saja. Kondisi pegal linu juga bisa diatasi dengan melakukan gerakan stretching sederhana. Natalia menjelaskan bagi mereka yang mengalami pegal di area pundak lantaran  terlalu lama bekerja di depan laptop, bisa coba menengokkan leher ke kiri dan ke kanan.

Halaman Selanjutnya
img_title