Dokter Spesialis Gizi Klinik Ungkap Manfaat Makan Toge, Benarkah Berguna untuk Kesuburan?

Ilustrasi Kecambah
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim-Spesialis Gizi Klinik, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, menjelaskan bahwa toge kerap dianggap sebagai makanan yang membantu kesuburan laki-laki dan perempuan. Namun ternyata, dokter Juwalita menyebut bahwa belum ada bukti penelitian terkait konsumsi toge dan kesuburan.

Cepat Dapat Keturunan, Begini Posisi Istri Usai Berhubungan Seks Menurut Ustaz Khalid Basalamah

"Meski ada kandungan fitoestrogen, itu seperti hormon estrogen untuk saluran reproduksi wanita, namun belum ada penelitiannya terkait konsumsi toge bisa tingkatkan kesuburan," tuturnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Rabu 7 Juni 2023. 

Di sisi lain, konsumsi toge dalam jumlah tepat dapat memangkas berat badan berlebihan. Dibanding nasi, 100 gram toge hanya mengandung 35 kalori sehingga membantu kenyang lebih lama tanpa menimbun kalori berlebihan.

Ingin Cepat Hamil? Lakukan 7 Langkah Penting Ini

"Seratus gram toge mengandung 35 kalori. Sedangkan 100 gram nasi mengandung 75 kalori. Coba kurangi porsi nasi dan ganti dengan komposisi sayuran lebih banyak sehingga komposisi kalori bisa diganti," tambahnya.

Dokter Juwalita juga menepis anggapan bahwa toge dapat memicu bahaya asam urat yang membuatnya dihindari masyarakat. Meski mengandung purin, sebenarnya kadarnya di dalam toge sendiri hanya sedikit sehingga aman dikonsumsi.

Ketahui Titik Pijat Tepat Redam Sakit Kepala hingga Sulit Tidur di Tubuh

"Meski toge mengandung purin yang pemicu asam urat tapi kadarnya sangat rendah. Apabila disebut asam urat jika 200mg purin per 100 gram makanan. Di dalam toge hanya 41 mg purin dalam 100 gram toge," imbuhnya. 

Toge sendiri juga tinggi kadar vitamin C dan mineral lainnya sehingga cukup baik untuk kebutuhan tubuh. Maka dari itu, toge patut dikonsumsi namun tentu harus dalam kondisi segar. Nah, berikut trik menjaga kesegaran toge agar tetap mendapat manfaat baiknya saat dikonsumsi.

Halaman Selanjutnya
img_title