Mandi Air Hangat Ternyata Mampu Atasi Pegal Linu selain Pijat, Begini Penjelasannya!

Ilustrasi sakit pinggang
Sumber :
  • Viva

JatimPijat merupakan pengobatan tradisional yang sudah dikenal luas di masyarakat Indonesia. Beberapa kondisi tulang, otot, bahkan saraf yang bermasalah tidak jarang diobati menggunakan metode pijat. Tidak terkecuali pegal linu yang menjadi permasalahan masyarakat secara umum.

Ketahui Titik Pijat yang Ampuh Atasi Sakit Kepala hingga Susah Tidur

Spesialis Rehab Medik, dr. Natalia Loekita, Sp.KFR menjelaskan, dikutip dari Viva 1 Mei 2023 , bahwa pijat bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah pegal linu.

“Memang karena dengan pijatan akan melemaskan otot-otot yang kaku. Kemudian dengan pijatan akan menstimulasi endorfin, yang membuat kita menjadi rileks. Simulasi pijatan diketahui akan ada penekanan yang menutupi rasa nyeri di tubuh dari sakit,” jelas Natalia.

Cara Mudah dan Efektif Atasi Pegal Linu, Mandi Air Hangat

Namun, Natalia menekankan agar tidak memijat dengan tekanan yang kencang dan berlebihan.

“Sesuatu yang berlebihan tidak baik. Ketika ditekan terlalu berlebihan dapat menumbuhkan peradangan. Maka lebih baik dengan penekanan yang pelan, kalau dipijat dengan gerakan yang pelan akan membuat otot yang kaku menjadi lemas,” kata dia. 

5 Manfaat Pijat, Nomer 4 Bikin Perasaan Nyaman

Selain dengan dipijat, menghilangkan pegal linu juga bisa diatasi dengan cara mandi dengan air hangat. Sebab air hangat kata Natalia dapat meningkatkan sirkulasi darah hingga menstimulasi endorphin yang buat tubuh jadi lebih rileks.

“Air hangat itu memiliki sifat fasodilisati, pelebaran pembuluh darah yang bisa meningkatkan sirkulasi darah. Air hangat juga bisa menstimulasi endorphin zat anti nyeri yang menyebabkan efek relaksasi,” kata dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title