BPIP Pastikan Negara tak akan Bubar karena Pemilu Terbuka atau Tertutup

Ilustrasi Kepercayaan terhadap Partai Politik
Sumber :
  • Viva.com

Jatim – Sejumlah tokoh politik tanah air tengah memperdebatkan perihal perubahan sistem pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang. Namun, Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Karjono Atmoharsono menilai sistem pemilu 2024 baik itu proporsional tertutup maupun terbuka sama baiknya untuk Indonesia.

Wakil Ketua Umum Gerindra: Prabowo Subianto Bakal Banyak Minta Pendapat Jokowi soal Menteri Kabinet

Bahkan, dirinya menambahkan, sistem proporsional tertutup yang saat ini menjadi perbincangan luas dapat berjalan dengan aman ketika diterapkan selama zaman orde baru (orba).

"Maksud saya, apapun itu (sistem proporsional terbuka atau tertutup) dilaksanakan semuanya baik. Zaman orde baru semua tertutup, aman-aman saja, senang-senang saja," kata Karjono dalam konferensi pers, seperti dikutip VIVA, Jumat, 2 Juni 2023.

MK Bakal Gelar Sidang Perdana Sengketa Hasil Pemilu, Ratusan Polisi Disiagakan

Dikatakan Karjono, sistem pemilu apapun yang akan diterapkan baik itu proporsional terbuka atau tertutup tidak akan membuat negara Indonesia bubar. Maka dari itu, ia pun meminta agar seluruh masyarakat menghormati putusan yang ditetapkan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan sistem pemilu di Indonesia kelak.

"Jadi, negara ini tidak akan bubar dengan sistem apakah itu terbuka, apakah itu tertutup, apakah itu terbuka-terbatas dan lain-lain. Jadi apakah nanti putusan MK, ya kita hormati, kita junjung tinggi, kita laksanakan," jelasnya. 

Puluhan Pejabat Pemkab Kediri Dimutasi, Ini Harapan Mas Dhito

Diberitakan sebelumnya, juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono mengungkapkan, dalam waktu dekat, 9 hakim konstitusi akan menggelar rapat permusyawaratan hakim (RPH) untuk membahas dan memutuskan uji materi sistem pemilu proporsional terbuka. Menurut Fajar, jadwal pastinya akan ditentukan kepaniteraan MK.

"Saya belum bisa menyampaikan karena dari kepaniteraan belum menjadwalkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat, bahkan mungkin di hari libur, bisa jadi," kata Fajar di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title