Pesan Rais Aam PBNU saat Hadiri Harlah ke-25 Ponpes Sunan Bejagung Tuban

Peringatan harlah ke-25 Pondok Pesantren Sunan Bejagung
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

JatimRais Syuriah PBNU, KH Miftachul Akhyar menegaskan bahwa agama Islam menekankan pentingnya ilmu. Menurutnya, ilmu akan mengangkat manusia pada derajat yang tinggi. 

Suami Tega Habisi Istrinya dengan Cara Dicekik, Pelaku Malah Coba Bunuh Dirinya

"Selama ada ilmu maka ambillah. Bisa di Indonesia sendiri, tapi juga bisa di luar negeri. Di mana pun. Sehingga, ilmu akan memberikan manfaat bagi terjaganya ajaran Islam," tutur Pengasuh Pesantren Miftachussunnah, Surabaya.

Penegasan tersebut disampaikan saat acara Peringatan Harlah ke-25 Pondok Pesantren Sunan Bejagung yang dikemas dalam acara "Istighotsah Ijazah Kubro dan Doa Bersama 25 Habaib dan Kiai Sepuh" yang dipusatkan di desa Semanding, Tuban, Minggu, 4 Juni 2023. 

Momen Banser di Trenggalek Periksa Kesehatan Puluhan Emak-emak

Kiai Miftah lebih lanjut mengatakan bahwa adanya pemberian beasiswa dari Pemprov Jatim semestinya mendapat sambutan bagi kaum santri dan umat Islam secara luas. Akan tetapi, yang perlu dipahami, pemberian beasiswa tentu dikhususnya bagi yang kurang mampu membiayai untuk menuntut ilmu ke luar negeri, seperti di Universitas Al-Azhar, Mesir.

"Ya, bila selama ini Al-Azhar hanya mengenal satu jalur seperti Gontor, kini Nahdlatul Ulama telah menjalin hubungan yang baik dengan Al-Azhar," tutur Kiai Miftach, panggilan akrabnya.

Terungkap! Wanita Asal Tuban yang Ngaku Dirampok Ternyata Palsu, Modus Investasi Bodong

Dikatakan, Syaikh Ali Jum'ah, mufti Al-Azhar, dalam satu forum internasional di Malaysia belum lama ini, bisa bertutur soal Nahdlatul Ulama sampai detail. Hal ini menunjukkan apresiasi dan pemahaman pihak luar negeri terhadap eksistensi NU, yang kini telah memasuki abad kedua. 

Demikian pula Grand Syaikh Al-Azhar, DR Thayyeb, menyatakan dukungannya terhadap NU dan bersama-sama menghimpun kemampuan untuk mengembangkan dakwah Islam ala Ahlussunah waljamaah di muka bumi ini.

Halaman Selanjutnya
img_title