Panji Gumilang Diduga Idap Sindrom Megalomania, Ini Kata Pakar Komunikasi

Pendiri Pondok Pesantren AL Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang diduga mengidap penyakit sindrom megalomania. Hal itu yang kemudian membuatnya kerap kali melontarkan pernyataan kontroversi di depan para santrinya dan media sosial.

Gol Darwin Nunez Menjadi Kontroversi, Begini Kata Manajer Juergen Klopp

Dugaan tersebut disampaikan Pakar Komunikasi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Uwes Fatoni. Ia menyebut bahwa sindrom megalomania itulah yang mendorong Panji Gumilang melontarkan gagasan di luar syariat Islam. Tentu agar dianggap sebagai sosok yang hebat oleh publik.

"Sepertinya Syekh Panji Gumilang mengalami sindrom megalomania dengan merasa bahwa dirinya besar, sehingga memberikan gagasan-gagasan yang ingin menunjukkan bahwa pemikirannya hebat," kata Uwes, dikutip dari VIVA, Sabtu, 24 Juni 2023.

FPPJ Tolak Pemilu 2024, Desak DPR RI Laksanakan Hak Angket

Terlebih, posisinya di Pesantren Al Zaytun membuat Panji Gumilang semakin kokoh dan seluruh pernyataannya itu tak bisa dibantah oleh para santri. Namun, ketika gagasan itu muncul di media sosial, barulah timbul keresahan di masyarakat.

Lantas, apa yang dimaksud dengan sindrom megalomania?

Berkas Dinyatakan P21, Panji Gumilang Siap Diseret ke Meja Hijau

Mengutip beberapa sumber Jumat, 23 Juni 2023, sindrom megalomania adalah sebuah keyakinan dalam diri seseorang bahwa ia memiliki kebesaran, keagungan, atau kekuasaan. Keyakinan ini tidak hanya ditunjukkan dengan sikap sombong, tetapi juga bagian dari gangguan jiwa.

Gejala megalomania

Halaman Selanjutnya
img_title