Panji Gumilang Merubah Salah Satu Rukun Islam, Syahadatnya Ngawur

Pendiri Pondok Pesantren AL Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Dimulai dari pelaksanaan salat ied yang nyeleneh, Panji Gumilang terus melakukan hal kontroversial yang menghebohkan publik.

Bagaimana Hukum Puasa Tapi Tidak Salat, Sahkah Puasanya?

Dedengkot Pondok Pesantren Al Zaytun itu terus diulik dan dibahas di media sosial. Salah satu yang berani menyuarakan sisi gelap Panji Gumilang adalah Ken Setiawan. Ia adalah seorang mantan loyalis Panji Gumilang yang kini mengedukasi masyarakat agar tak masuk ke dalam pemahamanan sesat, yaitu Negara Islam Indonesia (NII).  

Ken Setiawan mengungkap kesesatan yang ada di Pondok Pesantren Al Zaytun di kanal YouTube Religione. Dirinya menjadi salah satu pembicara di acara Catatan Demokrasi. Dia mengungkap soal perubahan rukun Islam yang dilakukan Panji Gumilang. 

Berkas Dinyatakan P21, Panji Gumilang Siap Diseret ke Meja Hijau

"Ajaran sesatnya, dia telah mengubah rukun Islam. Rukun Islamnya sama, tapi syahadatnya ini yang diajarkan di gerakan teritorial," ungkap Ken Setiawan seperti dilansir dari kanal YouTube ReligiOne pada Senin, 26 Juni 2023. 

Padahal, Rukun Islam terutama Syahadat merupakan salah satu hal yang sangat mendasar dan posisinya sangat penting untuk umat Islam. Kalimat Syahadat ‘ngawur’ ini menurut Ken Setiawan dijelaskan dalam sebuah buku yang ada di Al Zaytun.  

Terkait Perkembangan Penanganan Ponpes Al Zaytun, Begini Penjelasan Gus Yaqut

"Ini buku dibuat oleh, dulunya masih bupati, sekarang gubernur NII," jelas Ken Setiawan.

Apabila dalam syahadat Islam yang sesungguhnya mengandung pengakuan bahwa Tiada Tuhan Selain Allah, maka dalam syahadat versi Al Zaytun ini memiliki sedikit perbedaan yaitu tidak ada negara selain negara Islam.  

Halaman Selanjutnya
img_title