Ratusan Tugu Perguruan di Fasum Tulungagung Bakal Ditertibkan

Tugu perguruan silat di Tulungagung.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA JatimBadan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur telah mengeluarkan surat nomor 300/5984/209.5/2023 tentang penertiban dan pembongkaran tugu perguruan pencak silat. Polres Tulungagung masih akan mensosialisasikan surat tersebut sebelum adanya penertiban tugu yang berada di fasilitas umum (fasum) yang berjumlah ratusan.

Rumah Lantai 2 Terbakar gegara Korsleting Listrik di Trenggalek 

Kapolres Tulungagung, Ajun Komisaris Besar Polisi Eko Hartanto mengungkapkan masih akan merapatkan bersama mulai dari Bupati Tulungagung, Dandim 0807, Forkopimda, serta tokoh seluruh perguruan yang ada di kota marmer. Sosialisasi tersebut terkhusus kepada seluruh tokoh-tokoh perguruan terkait pembongkaran-pembongkaran tugu, dimana tersebut dibangun di lahan publik.

"Pemetaan sudah, ada ratusan kalau di Tulungagung. Nanti teman-teman dari Kesbangpol atau Satpol PP nanti bisa mensosialisasikan dahulu. Nanti kita lakukan eksekusi," ungkap AKBP Eko Hartanto selepas memimpin upacara di Halaman Pemkab Tulungagung, Sabtu, 1 Juni 2023.

Politisi Bawean Minta Pemerintah Segera Bantu Korban Gempa

Menurut AKBP Eko kebanyakan tugu perguruan di Tulungagung berada di fasilitas umum atau di tempat publik. Tidak jarang memancing pengrusakan dari perguruan lain dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Perihal potensi konflik penertiban tugu, dirinya akan memberikan pengertian secara dari hati ke hati. Namun tidak menutup kemungkinan terjadinya potensi-potensi konflik yang timbul. 

Satpol PP dan Tim Gabungan Temukan Miras saat Sidak Karaoke di Tulungagung

Penertiban tugu perguruan pencak silat, menurut perwira menengah lulusan Akpol 2002 ini sebagai langkah mengurangi gesekan antar perguruan. Selain tugu, ada juga berupa kaos maupun atribut yang juga sebagai salah satu faktor terjadinya memancing kondisi perkelahian.

AKBP Eko menjelaskan, tugu perguruan sebagai identitas nampaknya masih mementingkan ego sektoral dan fanatisme berlebihan. Sehingga berharap adanya penertiban tugu perguruan bisa meminimalisir terjadinya konflik.

Halaman Selanjutnya
img_title