Eks Orang Dalam Buka-bukaan soal Ajaran Panji Gumilang: Ini Orang Ngeyel!

Panji Gumilang saat datangi Bareskrim
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Polemik Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat masih menjadi buah bibir masyarakat. Baik di media sosial maupun dunia nyata. Hingga kini dugaan kasus penistaan agama yang dilakukan pimpinan ponpes itu, Panji Gumilang, tengah dilakukan penyidikan.

Berkas Dinyatakan P21, Panji Gumilang Siap Diseret ke Meja Hijau

Baru-baru ini seorang mantan wali santri yang juga pernah menjadi pengikut Negara Islam Indonesia (NII) Lenny Siregar, mengatakan bahwa memang terdapat sejumlah ajaran tak lazim yang disebarkan oleh Panji Gumilang. Bahkan dirinya menegaskan bahwa Panji Gumilang orang yang 'nyeleneh'. 

"Sebelumnya saya sampaikan di sini saya membenarkan kalau dibilang nyeleneh, kenapa? untuk mengawalinya saya bukan sebagai eks Wali santri saja, saya sebagai orang dalam atau eks NII atau KW 9," kata Leny, dikutip dari VIVA, Rabu, 5 Juli 2023.

Terkait Perkembangan Penanganan Ponpes Al Zaytun, Begini Penjelasan Gus Yaqut

Leny mengatakan, dia sudah melihat ada keanehan dari ajaran yang disampaikan Panji Gumilang, salah satunya yaitu mengenai tidak wajibnya salat.

"Dari dulu saya mengalami memang ini orang ngeyel, dari mulai salat itu sudah jadi rahasia umum tidak diwajibkan salat. Karena kita ini masih mazhab Mekah, satu itu yang kami alami," kata Leny.

16 Saksi Pengirim Dana dalam Kasus TPPU Panji Gumilang Diperiksa Polisi

Dalam hal salat, Leny mengatakan bahwa ajaran Panji Gumilang salatnya dalam bentuk merekrut orang agar masuk dalam NII dan juga dengan menarik infaq. "

Mereka bilang salat aqimuddin, salatnya itu adalah dalam bentuk tilawah dan maliyah, tilawah perekrutan, maliyahuntuk menarik infaq," kata Leny.

Halaman Selanjutnya
img_title