Alasan Santri Ucapkan “Assalamu’alaikum Merdeka”, Panji Gumilang Berdalil Soekarno

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Viva

Indramayu, VIVA Jatim – Salah satu hal kontroversial di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun adalah ucapan salam “Assalamualaikum merdeka” yang sering digaungkan oleh para pengurus atau petinggi Al Zaytun

Mas Dhito Yakin Ganjar Pemimpin Ideal: Patuh Demokrasi dan Setia pada Rakyat

Pemimpin Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang mengungkap alasan di balik salam tersebut.   

"Memang kenapa kalau 'Assalamualaikum' terus 'merdeka'? 'Kan lagu kebangsaannya merdeka," kata Panji Gumilang saat dikutip dari VIVA, Sabtu, 29 Juli 2023. 

Khofifah Lepas Parade Sumpah Pemuda di Bumi Bung Karno Si Penunggang VW Kodok

Panji Gumilang mengatakan bahwa pada zaman Soekarno telah mempopulerkan salam "Assalamualaikum merdeka”. Menurutnya, dahulu setelah kemerdekaan Indonesia juga mempopulerkan salam nasional.

Dia menyebutkan salam tersebut diajarkan kepada seluruh santri di Pesantren Al Zaytun selama santri tersebut mengenyam pendidikan di sana. "Assalamualaikum merdeka, kalau tidak sempat, merdeka saja, supaya ditanamkan di ruh kita," ujarnya.

Berkas Dinyatakan P21, Panji Gumilang Siap Diseret ke Meja Hijau

Menurutnya, merdeka itu tidak hanya memerdekakan Indonesia dari penjajah, tapi juga memerdekakan roh, pikiran, dan ilmu, dari diri manusia. 

Selain itu, ia mengatakan, juga membiasakan seluruh santri Pesantren Al Zaytun untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan tiga stanza.

Halaman Selanjutnya
img_title