AKD Mojokerto Usulkan Gaji Kades Naik kepada Ketua DPD RI La Nyala Mataliti

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyala Mahmud Matiliti
Sumber :
  • Viva Jatim/Luthfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA JatimAsosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Mojokerto menyampaikan 7 usulan kepada Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyala Mahmud Matiliti saat kujungan ke Mojokerto. Salah satu poinnya, mengusulkan gaji kepala desa naik minimal sama dengan UMK. 

Tindak Pidana Korupsi Dua Kades di Tulungagung Ini Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar

Kunjungan kerja dalam rangka serap aspirasi Kepala Desa se Kabupaten Mojokerto itu digelar di Graha Maja Tama kantor Pemkab Mojokerto, Kamis, 5 Juli 2023. Selain La Nyala, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati. 

Setelah memberikan sambutan, La Nyala menerima berkas usulan dari Ketua AKD Kabupaten Mojokerto. Di dalamnya berisi 7 poin usulan dari Kades anggota AKD Kabupaten Mojokerto. 

DPD RI Bentuk Pansus Kecurangan Pemilu 2024 di Sidang Paripurna

Adapun 7 poin usulan tersebut yakni, Pertama, Pemerintah memberikan anggaran dan pendampingan secara melekat pada desa untuk mendirikan usaha desa sebagai sumber penghasilan desa. Kedua, Penghasilan kepala desa dan perangkat Desa di bebankan APBD kabupaten harapannya besaran dan alokasinya bisa sama dan rutin setiap bulan. 

Ketiga, Kementrian yang membawahi desa agar di pusatkan pada satu kementrian saja (Kemendagri atau Kemendes). Keempat, Pemerintahan Desa (Pemdes dan BPD), dari Dana Desa (DD) diberikan alokasi anggaran untuk mengikut sertakan BPJS Ketenagakerjaan (4 program) Iuran Jaminan Hari Tua, luran Pensiun, luran Kecelakaan kerja, Juran Kematian.

Mengintip Gaji, Tunjangan dan Uang Pensiun AHY Jabat Menteri Jokowi

Kelima, Dana Desa dialokasikan untuk THR, Pemerintahan Desa (Pemdes dan BPD). Keenam, Penghasilan Kepala Desa dan Perangkat Desa ditingkatkan minimal sama dengan UMK.

Dan Ketujuh, Besaran Dana Desa yang diterima oleh desa bisa ditambah sehingga kewenangan desa juga bisa bertambah. 

Halaman Selanjutnya
img_title