Jokowi Dikabarkan bakal Lantik Budi Arie Jadi Menkominfo, Ini Profilnya

Budi Arie Setiadi
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimPresiden Joko Widodo dikabarkan bakal melantik Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Istana Negara pada Senin hari ini, 17 Juli 2023.

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

Pria kelahiran Jakarta, 20 April 1969 itu memiliki pengaruh yang cukup besar dalam upaya pemenangan Presiden Jokowi dalam Pilpres 2019 silam. Sebab ia didaulat sebagai Ketua Umum Projo, organisasi relawan darat pendukung Presiden Jokowi. 

Dikutip dari VIVA, Senin, 17 Juli 2023, karir politiknya sejauh ini tercatat sebagai Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta (2005-2010), dia juga tercatat pernah menjadi Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Usai PDIP, Eri Cahyadi akan Daftar Bacawali ke Partai Lain

Budi Arie kemudian mendirikan Projo, kelompok relawan darat terbesar pendukung Jokowi pada Agustus 2013. Selain menjadi Ketua Umum Projo, saat ini Budi Arie juga menjadi Dewan Penasihat ILUNI UI.

Riwayat pendidikannya dimulai dari SD Marsudirini Koja, Jakarta Utara. Kemudian dilanjutkan di SMP Marsudirini Koja, lalu SMA Kolose Kanisius Jakarta pada 1988.

Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Kembangkan Teknologi AI dan Pusat Riset di IKN

Lulus SMA, dia lanjut ke Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI dan lulus pada tahun 1996. Budi Arie kemudian menyelesaikan S2 di Managemen Pembangunan Sosial Universitas Indonesia.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Presiden Jokowi akan melantik sejumlah menteri dan wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju pada Senin, 17 Juli 2023. Salah satu pejabat yang dikabarkan dilantik ialah Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Halaman Selanjutnya
img_title