Bantuan Fasilitas Pendidikan yang Layak Pengaruhi Peningkatan IPM Madura

Reses Anggota DPRD Jatim Dapil Madura Nurfitriana Busyro
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Sumenep, VIVA Jatim –Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Madura masih menjadi atensi. Para siswa yang berada di wilayah yang rawan kemiskinan ini  harus mendapat perhatian khusus. Mereka perlu tinggal dan belajar di tempat yang layak. 

Tersangka, 3 Konten Kreator Film Guru Tugas Ditahan Polda Jatim

Minimal poin tersebut yang didengar oleh Anggota DPRD Jawa Timur daerah pilihan (Dapil) Madura Nurfitriana Busyro pada kegiatan serap aspirasinya di Desa Giring Kecamatan Manding, Sumenep, Selasa 18 Juli 2023. 

Ning Fit sapaan akrabnya mengatakan, jika terjun dan melihat langsung pendidikan di wilayah Madura, banyak gedung-gedung sekolahan yang sudah sangat memerlukan pembenahan.  Misal plafon yang mulai lapuk dan pintu sekolah yang bolong serta meja dan kursi yang sudah tidak baik, tapi tetap harus digunakan. 

DPRD Jatim Berikan Rekomendasi terhadap Dua IKU Jatim yang Tak Capai Target

"Kondisi sekolahan yang tidak baik sedikit banyak pasti mengganggu belajar siswa, sehingga daya tarik siswa untuk belajar juga pasti berkurang," kata Ning Fit seusai gelaran resesnya. 

Isteri mantan Bupati Sumenep Abuya Busro Karim ini menuturkan, pendidikan di pulau garam memang memerlukan perhatian lebih dari pemerintah, demi meningkatkan tarap pendidikan yang pastinya akan berefek kepada naiknya Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sebab IPM sendiri adalah salah satu indikator penting dalam mengukur kesejahteraan masyarakat. 

Pancing Amarah Warga Madura, 3 Konten Kreator Film Guru Tugas Ditangkap Polisi

"Harus ada upaya-upaya untuk mengembangkan indeks pembangunan manusia melalui perbaikan pendidikan yang ada di Pulau Madura. Hal tersebut dapat dengan pembenahan gedung, perlengkapan sarana dan prasarana serta guru yang mumpuni dibidangnya," ujarnya. 

Dilihat dari data BPS Jatim, IPM Madura di 2022 memang masih tertinggal ketimbang dari daerah lain di Jatim. Daerah Sampang masih menjadi terindah dibandingkan dengan tiga kabupaten lainnya di Madura, yakni hanya 63,39 diatasnya ada Bangkalan 65,05, Pamekasan 66,99 dan Sumenep 67,87. 

Halaman Selanjutnya
img_title