Tangan Karyawati di Mojokerto yang Masuk Mesin Penggilingan Diamputasi

Kecelakaan karyawan pabrik ketela di Mojokerto
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim – Seorang karyawati pabrik bernama Ida Sukmawati Lintang mengalami kecelakaan kerja di tempat kerjanya. Tangan kanannya masuk ke dalam mesin penggilingan. Akibatnya, tangannya harus diamputasi. 

Jurus PC IBI Mojokerto Tekan AKI-AKB Melalui Sejumlah Program Bersama Pemkab

Kecelakaan kerja itu terjadi di sebuah Pabrik Ketela yang berlokasi di Desa Sampang Agung, Kecamatan Kutorejo, Mojokerto sekita pukul 18.00 WIB. Kecelakan kerja ini menyebakan separuh tangan kanan korban terjepit mesin penggilingan. 

Sejumlah petugas BPDB Kabupaten Mojokerto dibantu tim medis sempat berupaya melepaskan dengan cara manual. Namun gagal. Akhirnya petugas memutuskan untuk mengevakuasi korban ke Rumah Sakit Umum  Daerah (RSUD) Prof dr Soekandar, Mojosari Mojokerto. Saat dilarikan ke RS , kondisi tangan masih terjepit mesin yang tebuat dari baja. 

Penampakan Atap dan Bangunan SDN di Mojokerto Usai Ambruk Akibat Hujan Deras

Setibanya di RS pukul 19.35 korban langsung dimasukkan ke ruangan IGD. Menurut, Kepala Bidang Keperawatan RSUD Prof dr Soekandar Isbatuhul Khoirod, tim medis langsung membongkar mesin gilingan yang masih menjepit tangan kanan korban.

Isbat menjelaskan, korban menjalani operasi sampai sekitar pukul 21.55 WIB. Tim medis terpaksa hatus mengamputasi tangan perempuan asal Dusun Kedunggalih, Desa Sampang Agung, Kutorejo, Mojokerto. 

Kabupaten Mojokerto Sabet Juara 1 Posyandu Berprestasi Tingkat Nasional

"Setelah dievaluasi, pilihan terbaik menurut dokter tulangnya dilakukan amputasi sampai siku. Sehingga siku ke bawah sudah tidak ada," katanya kepada VIVA Jatim, Senin, 24 Juli 2023. 

Pasca operasi, korban masih harus menjalani perawatan intensif dan masa pemulihan. Ia dipindahkan ke ruangan rawat bedah. 

Halaman Selanjutnya
img_title