Kenali 9 Tanda-tanda Kolesterol Tinggi, Hati-hati Bagi yang Sering Stress

Ilustrasi Kolesterol
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu yang mengganggu kesehatan hidup manusia adalah penyakit. Dan yang seringkali terjadi adalah kolesterol. Diketahui, kolesterol adalah sejenis lemak yang ditemukan dalam darah. Tentu untuk membangun sel-sel sehat, tubuh manusia membutuhkan kolesterol. Namun bila berlebihan akan berbahaya bagi penyakit jantung.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Dilansir dari VIVA, Jumat 28 Juli 2023, sebagian besar kolesterol dihasilkan oleh hati, tetapi makanan tertentu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah kita. Terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri, kondisi ini dikenal sebagai aterosklerosis.

Plak ini dapat menyempitkan arteri dan membuatnya lebih keras, kondisi yang dikenal sebagai arteriosklerosis, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Rahasia Menurunkan Berat Badan dengan Makanan, Simak Resepnya!

Kolesterol tinggi sering tidak menunjukkan gejala apapun hingga terjadi serangan jantung atau stroke. Meski demikian, beberapa orang dengan kolesterol tinggi dapat mengalami ciri-ciri tertentu. Dikutip dari situs Siloam Hospital, berikut adalah beberapa ciri-ciri dari kolesterol tinggi.

1. Terdapat Benjolan di Sekitar Mata (Xanthoma) 

Kolesterol Tinggi Usai Lebaran, Simak Tips dan Saran dr Zaidul Akbar Ini

Gejala kolesterol yang satu ini cukup jarang terjadi, xanthoma adalah kondisi di mana lemak tumbuh dan berkembang di bawah kulit. Xanthoma sering ditemukan pada daerah kelopak mata berupa gumpalan lemak yang berwarna kekuningan.

Namun, tidak hanya di bawah mata, xanthoma juga dapat tumbuh pada organ dalam. Sebenarnya, kondisi ini tidak berbahaya, namun gejala ini merupakan salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan tertentu. Seperti kadar kolesterol yang tinggi atau penyakit kronis diabetes.

Halaman Selanjutnya
img_title