Konvoi Ratusan Persilat di Surabaya Ditangkap, Satu Anggota Polisi Ditabrak

Polisi saat mengamankan ratusan pesilat di Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimKonvoi yang dilakukan ratusan anggota perguruan pencak silat atau pesilat di Kota Pahlawan Surabaya berujung penangkapan. Pasalnya, saat konvoi berlangsung pada Jumat, 28 Juli 2023 hingga Sabtu dini hari, satu orang anggota polisi jadi korban ditabrak.

Polrestabes Surabaya Gagalkan Penyelundupan 41 Kg Sabu Jaringan Sumatera - Jawa

Upaya penangkapan dilakukan karena ratusan anggota pesilat itu menggelar konvoi dengan mengenakan atribut. Hal ini ditegaskan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Herlina.

“Kami amankan agar mereka tidak konvoi dan membuat ketidaktertiban dalam pelaksanaan malam pengesahan warga baru penguruan silat,” kata Herlina dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Sabtu, 29 Juli 2023.

Berprestasi, 25 Anggota Polres Gresik Diganjar Penghargaan

Aparat kepolisian melakukan penggeledahan, pengecekan surat-surat kendaraan dan tes alkohol. Jika ada sepeda motor yang tak memilki kelengkapan, maka polisi pun menilang dan menyitanya.

Menurutnya, para pesilat ini sudah melanggar kesepatakan bersama, antara kepolisian dan pimpinan perguruan pencak silat, di rapat koordinasi sebelumnya.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi soal Penggelapan Motor

Di rakor itu, disepakati maklumat yang di antaranya, melarang adanya konvoi atau kegiatan lain, yang berpotensi mengganggu ketertiban umum, di tengah acara resmi pengesahan anggota perguruan pencak silat di Surabaya.

“Kami sudah mengimbau dan rakor dengan mengundang seluruh stakeholder dan para panitia perguruan silat, mereka setuju dan sepakat dengan menandatangani maklumat bahwa dalam pelaksanaan pengesahan tidak ada warga (anggota) lain yg melakukan konvoi ataupun kegiatan lain selain warga yang disahkan,” ujar Herlina.

Halaman Selanjutnya
img_title