Webometric Rilis Peringkat Universitas 2023, Unusa Masuk 10 Kampus PTS Terbaik di Indonesia

Gedung kampus Unusa Surabaya
Sumber :
  • Humas Unusa

Surabaya, VIVA JatimUniversitas Nahdlatul Ulama Surabaya  (Unusa) menempati 10 kampus PTS terbaik di Indonesia dari peringkat 38 dari PTN/PTS di Indonesia. Hal itu berdasarkan rilis dari Lembaga Pemeringkatan Webometrics Rangking of World Universities (Webometrics) terkait peringkat universitas di seluruh dunia per Juli Tahun 2023.

Menaker di Surabaya: Pengangguran Terbuka Didominasi Lulusan SMK dan Sarjana

Adapun 10 PTS terbaik itu adalah: (1) Telkom University, (2) Universitas Bina Nusantara, (3) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, (4) Universitas Muhammadiyah Malang, (5) Universitas Mercu Buana, (6) Universitas Muhammadiyah Surakarta, (7) Universitas Achmad Dahlan Yogyakarta, (8) Universitas Guna Darma, (9) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), dan (10) Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Raihan ini tentu disambut baik oleh pimpinan dan sivitas akademika Unusa. Tidak terkecuali oleh Wakil Rektor 1 Unusa, Prof. Kacung Marijan. Ia mengungkapkan, bahwa Webometrics memiliki sejumlah indikator dalam penilaian universitas terbaik tersebut, yakni Impact, Openness, dan Excellence.

Unusa Kerjasama dengan Pelindo Bangun Sistem Pengelolaan Air Bersih untuk Ponpes 

Impact, dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar. Openness, dinilai dari jumlah file berbagai jenis yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Excellence, dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiah.

"Tujuan dari pemeringkatan tersebut untuk mempromosikan publikasi, keterbukaan akses, akses ilmiah dan materi akademis lainnya," ungkapnya, Minggu 30 Juli 2023.

Ahli Gizi Sebut Makanan Pendamping ASI Bisa Cegah Stunting

Alumnus S-3 di Australian National University ini menambahkan, bahwa capaian ini dinilai tidak lepas dari kerja keras seluruh pihak. Kacung mengajak sivitas akademika Unusa terkait capaian ini, dapat dijadikan motivasi untuk terus berbenah dan melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka meraih peringkat yang semakin baik.

Meskipun demikian, dia juga mengingatkan bahwa pemeringkatan bukanlah merupakan tujuan. Sedangkan tujuan pokoknya adalah terus berusaha memperbaiki kualitas diri secara terus menerus agar Unusa menghasilkan para lulusan yang berkualitas. Sedangkan pemeringkatan merupakan salah satu implikasi dari usaha memperbaiki diri.

Halaman Selanjutnya
img_title