Ahli Gizi Sebut Makanan Pendamping ASI Bisa Cegah Stunting

Seminar Nasional Hari Gizi Nasional 2023 Unusa
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Dalam sebuah penelitian disebutkan, bahwa 1 dari 4 anak di Indonesia masih menderita stunting. Hal ini menjadi satu indikator bahwa masalah stuntinig pada anak perlu ditangani lebih serius. Pemerintah pun sejak awal getol mengampanyekan upaya pencegahannya. 

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

Namun terlepas dari hal itu, ternyata makanan pendamping air susu ibu (ASI) bisa turut mencegah terjadinya stunting pada anak. Karenanya penting bagi orangtua untuk memperhatikan betul pemberian makanan pendamping ASI agar anak bisa tumbuh kembang dengan baik. 

Salah satunya dengan memberikan makanan pendamping ASI kepada bayi di usia 6 bulan. Hal tersebut bagian dari pemenuhan gizi optimal di masa 1000 hari pertama kehidupan anak. Makanan pendamping ASI, bila pemberiannya tepat, akan mendukung tumbuh kembang anak lebih optimal. 

Pj Gubernur Jatim Apresiasi Peran PKK dalam Menekan Stunting hingga 17,7 Persen

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (FK Unusa), dr. Merry Susanti, S.PA., mengungkapkan, stunting pada anak harus menjadi perhatian dan diwaspadai. Stunting menandakan bahwa nutrisi anak tidak terpenuhi dengan baik. Jika dibiarkan tanpa penanganan, stunting bisa menimbulkan dampak jangka panjang kepada anak.

MPASI harus diberikan tepat waktu, yakni ketika bayi sudah siap menerima makanan padat pertamanya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan MPASI diberikan saat bayi memasuki usia 6 bulan. Sesuai saran ikatan dokter anak Indonesia (IDAI), pemberian MPASI harus dilakukan dengan adekuat,” ungkap dr. Merry Susanti pada Seminar Nasional dalam rangka Hari Gizi Nasional 2023, di Auditorium Lantai 9 Tower Unusa Kampus B, Selasa, 31 Januari 2023. 

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Bila stunting menimpa anak, kata dr Merry, maka anak tak hanya mengalami hambatan pertumbuhan fisik, tapi nutrisi yang tidak mencukupi juga memengaruhi kekuatan daya tahan tubuh hingga perkembangan otak anak.

“Maksudnya, di dalam kandungan MPASI harus bisa menyediakan energi, protein, dan mikronutrien yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil yang sedang tumbuh. Oleh karena itu, generasi bersih dan sehat (Genbest) jangan ragu untuk memberikan menu lengkap pada MPASI anak meskipun usianya baru 6 bulan,” tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title