Pihak Ponpes Beberkan Alasan Pesantren Al-Jahra Bikin Acara Eksebisi dengan Soft Gun

Foto viral santriwati di Magetan menenteng air soft gun laras panjang.
Sumber :
  • Instagram Ishal Bahrawi

Magetan, VIVA Jatim –Warganet dihebohkan dengan foto yang memperlihatkan sejumlah santriwati Pondok Pesantren Baitul Qur’an Al-Jahra di Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang menenteng senjata jenis airsoft gun. Kini foto tersebut telah beredar luas di akun media sosial.

Santri Pesantren di Lamongan Diduga Dianiaya Teman, Tangan-kaki Diikat Lalu Dibanting

Belakangan diketahui, foto tersebut adalah bagian dari pengumuman rencana kegiatan eksebisi yang didampingi sebuah organisasi atau lembaga berbasis di Surakarta, Jawa Tengah.

Ketua Harian Pondok Pesantren Baitul Qur’an Al-Jahra, Isgianto, mengatakan kegiatan eksebisi tersebut diikuti oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah dan ditawarkan saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) beberapa waktu lalu. Eksebisi seperti itu dipilih karena terbilang baru dengan harapan siswa-siswi tertarik untuk mengikuti.

Pancing Amarah Warga Madura, 3 Konten Kreator Film Guru Tugas Ditangkap Polisi

“Itu dilakukan oleh lembaga profesional dan sudah berizin, lembaga tersebut ada di Surakarta. Melaksanakan kegiata itu pun kami telah menerima proposal, sebagaimana kita melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler [lainnya], kita mengkaji dulu terkait legal-formalnya dan dampak positifnya seperti apa,” kata Isgianto kepada wartawan, dikutip VIVA Jatim pada Jumat, 30 Juli 2023.

Ia mengaku memilih senjata air soft gun supaya ada inovasi dalam rangka mengembangkan proses pendidikan belajar-mengajar anak-anak. “salah satunya kita menggandeng kegiatan yang sifatnya adalah baru dan belum familiar,” ujar Isgianto.

6 Syarat Murid agar Mendapatkan Ilmu Menurut Sayyidina Ali

“Selain itu, juga untuk santri sendiri, karena kita basisnya pondok pesantren Alquran, kenapa kita memilih air soft gun itu, karena di dalam praktiknya, di dalam menentukan target itu, kan, membutuhkan konsentrasi. Dan di dalam menghafal Alquran itu salah satu indikator yang anak-anak perlukan itu terkait dengan konsentrasi,” imbuhnya. 

Karena sudah menuai reaksi dari masyarakat, akhirnya pihak Pondok Pesantren Baitul Qur’an Al-Jahra membatalkan rencana kegiatan eksebisi tersebut. Soal pembatalan itu ditegaskan oleh Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Magetan, Ajun Komisaris Polisi Kuncahyo. “Kegiatannya sendiri belum dilaksanakan, baru ditawarkan,” ucapnya saat dihubungi VIVA Jatim.

Halaman Selanjutnya
img_title