Tim Arkeolog Temukan Mata Tombak di Situs Bhre Kahuripan Mojokerto

Tim Arkeolog Temukan Mata Tombak
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim- Tim arkeolog Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jawa Timur menemukan sebilah mata tombak di Situs Bhre Kahuripan yang berlokasi di Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, Mojokerto. 

Eskavasi Kedua Situs Gondang Trenggalek Tuntaskan Denah dan Struktur Candi

Sebilah mata tombak itu ditemukan saat ekskavasi tahap 6 hari ke-15 pada Senin, 31 Juli 2023 di titik bagian utara lapangan sepakbola Klinterejo. 

Ketua Tim Ekskavasi Situs Bhre Kahuripan Muhammad Ichwan mengatakan, sebilah tombak itu terkubur di kedalam 50 cm diatas struktur yang diduga pagar. Ketika ditemukan kondisinya sudah berkarat dan tanpa disertai gagang. Menurut dia, bagian ujungnya nampak bengkok. 

Ekskavasi Situs Gapura Bajang Ratu di Mojokerto, Arkeolog Tampilkan Pagar

"Karakternya melebar dibagian tengah dan meruncing ujungnya. Lurus, Tidak berkelok kelok. Panjang kurang lebih 30 cm dan dan lebar 4 cm," ungkap dia kepada Vivajatim, Senin, 31 Juli 2023. 

Ichwan belum bisa memastikan apakah mata tombak itu ada kaitannya dengan struktur yang ditemukan saat ini. Pihaknya akan melakukan kajian lebih lanjut. "Nanti kami cermati , saat ini masih sebatas dokumentasi dan pemindahan," ujarnya. 

Penemuan Struktur Pondasi Gapura Megah dan Pagar di Situs Bhre Kahuripan Mojokerto

Di titik ini juga ditemukan pagar kedua yang membentang dari utara ke selatan. Pada bagian tengahnya terdapat struktur yang melebar ke barat dan timur berbentuk simetris. 

"Kami menduga ini gapura. Tapi ya masih sebatas interprestasi," tandas pria yang juga menjabat Pamong Budaya Ahli Muda BPK Wilayah XI Jatim itu. 

Halaman Selanjutnya
img_title