Penemuan Struktur Pondasi Gapura Megah dan Pagar di Situs Bhre Kahuripan Mojokerto

BPK temukan pondasi gapura di situs Bhre Kahuripan
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimStruktur pondasi gapura megah ditemukan saat ekskavasi situs Bhre Kahuripan, Desa Klinterejo, Sooko, Mojokerto, oleh Tim Ekskavasi Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jawa Timur.

Pemkab Mojokerto Raih Opini WTP 10 Kali Beruntun dari BPK

Diketahui, struktur tersebut merupakan temuan penting di Situs Bhre Kahuripan. Sebab, diduga menjadi pintu masuk dari bangunan utama, Situs Tribhuwana Tunggadewi.

Ada tiga 3 struktur gapura berdenah cruciform yang ditemukan. Ketiganya ditemukan di area penggalian yang berlokasi di Lapangan Desa Klinterejo, tepatnya sisi barat Situs Tribhuwana Tunggadewi.

Kompak! Pemprov dan 38 kabupaten-kota Se Jatim Raih WTP 2 Tahun Berturut-turut

Struktur gapura menyatu dengan pagar yang membentang dari utara ke selatan dengan panjang sekitar 102 meter. Posisinya masing-masing gapura diduga sejajar.

Dilihat dari ujung utara pagar ke selatan, ditemukan struktur yang diduga sisa gapura pertama. Sudut barat laut pagar berjarak 19 meter dengan titik tengah gapura pertama. Pada pondasi gapura pertama yang berdenah cruciform itu terdapat sejumlah temuan bata putih di atasnya.

Eskavasi Kedua Situs Gondang Trenggalek Tuntaskan Denah dan Struktur Candi

Namun, tim ekskavasi belum bisa memastikan temuan batu bata putih termasuk komponen dari sisa gapura yang memililiki luas pondasi 26 x 20 meter persegi itu.

"Kami masih belum tahu apakah batu bata putih itu termasuk komponen Gapura. Masih kita kaji," kata Ketua Tim Ekskavasi Situs Bhre Kahuripan Muhammad Ichwan, Kamis, 3 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title