Rawat Wisata Waduk Pogar di Kediri, KKN Kolaboratif Gelar Aksi Reboisasi

Aksi Reboisasi KKN Kolaborasi UIN Sunan Kalijaga dan IAIN Kediri
Sumber :
  • Abdul Warits/Viva Jatim

Kediri, VIVA JatimKuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi UIN Sunan Kalijaga dan IAIN Kediri melakukan reboisasi wisata Waduk Pogar bekerjasama dengan Karang Taruna Pogar, Rabu 09 Agustus 2023.

Usung 4 Isu Prioritas, Ratusan Mahasiswa Unair Surabaya KKN-BBK di Gresik

Diketahui, Waduk Pogar merupakan potensi desa Tunglur Kecamatan Badas Kediri. Waduk ini tempat masyarakat sekitar melakukan kegiatan seperti Agustusan, wisata anak-anak muda, pemancingan dan kegiatan-kegiatan lainnya. 

Sejumlah 40 warga terlibat diantaranya Kepala Desa Bapak Mashudi, Camat Badas, Dinas DPUPR, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna dan mahasiswa KKN Kolaboratif. 

Cara KKN Kolaborasi Berdayakan UMKM Desa di Kediri

Penghijauan ini dilakukan secara serentak dengan menanam 50 bibit jenis Pete. Pemilihan bibit Pete ini mampu bertahan di tanah yang kering, sehingga bisa menjadikan Waduk Pogar tetap estetik. 

Afrizal, Ketua KKN Kolaboratif menyampaikan bahwa penanaman bibit penghijauan sebagai kenang-kenangan dan bisa memberikan manfaat pada masyarakat sekitar

Inspiratif, Mahasiswa KKN Ajari Siswa Kreasi Motif Batik Ramah Lingkungan

Kepala Desa Tunglur Bapak Mashudi mengatakan penghijauan bukanlah event yang hanya dilakukan dalam satu kegiatan tetapi berlanjut. 

“Sehingga kegiatan ini diharapkan menjadi peninggalan KKN Kolaboratif 69 di Tunglur yang dilanjutkan perawatannya oleh Karang Taruna Pogar di bawah pimpinan Adi Prasetyo. Revitalisasi dan penghijauan ini menggunakan bibit buah agar di masa depan bisa dinikmati pula hasil panennya oleh masyarakat” katanya saat memberikan sambutan. 

Halaman Selanjutnya
img_title