Tak Cuma Konvoi, Polisi Surabaya juga Larang Perguruan Silat Latihan Malam

Rapat koordinasi Kapolsek Gunung Anyar dengan sejumlah pesilat
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Jatim – Petugas kepolisian di Surabaya bukan hanya melarang perguruan silat menggelar konvoi di jalanan. Namun juga melarang para pesilat latihan di malam hari.

Siswi SD di Lamongan Meninggal Diduga karena Dibully, Ortunya Lapor Polisi

Larangan ini disampaikan langsung oleh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Gunung Anyar Kompol Roni Ismullah saat Rapat Koordinasi bersama peserta sejumlah pesilat di Pasar UMKM Gunung Anyar, Kota Surabaya, Kamis 10 Agustus 2023 malam.

"Larangan untuk tidak melakukan konvoi maupun latihan di malam hari, dan hanya boleh latihan di siang hari sampai sore," ujar Kapolsek disampaikan melalui keterangan pers.

Polrestabes Surabaya Gagalkan Penyelundupan 41 Kg Sabu Jaringan Sumatera - Jawa

Selain melarang konvoi dan latihan malam hari, para pendekar silat juga dilarang polisi mengenakan atribut di luar tempat latihan. Begitu latihan selesai, segala simbol yang melambangkan perguran silat wajib disembunyikan.

"Saat pulang latihan ganti pakaian preman, atribut silat disimpan. Serta Tidak diperbolehkan menonjolkan Perguruan silatnya saat di jalan dan harus langsung pulang ke rumah," lanjutnya.

Berprestasi, 25 Anggota Polres Gresik Diganjar Penghargaan

Polisi mengeluarkan larangan itu demi terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Surabaya terutama wilayah hukum Polsek Gunung Anyar.