Filosofi Baju Adat yang Dipakai Jokowi di Upacara HUT Ke-78 RI

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Surakarta di Upacara HUT Ke-78 RI
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim – Indonesia tengah memperingati Hari Kemerdekaannya yang ke-78, Kamis, 17 Agustus 2023. Sudah menjadi kebiasaan, dalam momentum upacara di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo selalu tampil berwibawa dengan baju adat. Kali ini, Ia mengenakan Ageman Songkok Singkepan Ageng.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic di Pemerintahannya

Baju bernuansa gelap berwarna hitam dan putih disertai bubuhan warna keemasan itu merupakan baju adat Surakarta. Jokowi juga terlihat memakai kemeja berwarna putih ditumpuk dengan jas hitam.

Bagian pinggangnya mengenakan kain batik dua warna yaitu merah dan cokelat, yang juga menumpuk bagian celana panjang hitamnya. Serta, nampak aksesori kepala berwarna hitam dengan bentuk yang unik.

Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Kembangkan Teknologi AI dan Pusat Riset di IKN

Jokowi juga nampak mengalungkan selendang berwarna emas yang senada dengan disampirkan dari bahu kiri ke arah pinggang kanan. Sejumlah aksesori berwarna emas juga turut disampirkan di bagian jas hitamnya. Pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng ternyata memiliki makna mendalam.

Dikutip dari VIVA, Kamis, 17 Agustus 2023, pakaian Ageman ini biasanya dipakai para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji. Hal itu merepresentasikan Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, biasanya empat kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo atau masyarakat.

Kata Jokowi Soal MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba atau turun ke bawah. Hal itu pun seolah bermakna bahwa Jokowi yang hadir di Istana Negara sedang membagikan cinta kasih pada masyarakat yang menantikan HUT Perayaan Kemerdekaan RI ke-78.

Menggunakan pakaian adat, kerap kali dilakukan oleh Presiden Jokowi, selama menjabat sebagai Presiden RI dalam peringatan-peringatan seperti HUT RI ini. Sebelumnya, dalam Pidato Kenegaraan di MPR/DPR/DPD RI, Presiden juga menggunakan baju adat Tanimbar Maluku.

Halaman Selanjutnya
img_title