IGD Terpadu RSUD Soekandar Mojokerto Ditarget Selesai On Time, Saat Ini Capai 25 Persen

Pembangunan IGD Terpadu RSUD Soekandar Mojokerto Dikebut
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim –Pembangunan Instilasi Gawat Darurat (IGD) Terpadu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof dr Soekandar, Kabupaten Mojokerto terus dikebut. Pembangunan fasilitas kesehatan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto ditargetkan rampung on time atau tepat waktu.

Waspadai Lonjakan Pasien Diare Usai Lebaran, RSUD Dr Soegiri Lamongan Lakukan Ini

Proyek strategis tersebut dimenangkan PT Pulau Intan Persana dari Bogor dengan nilai kontrak Rp 35,8 miliar dari pagu Rp 43 miliar.  Anggaran pembangunan IGD Terpadu bersumber dari RSUD Prof dr Soekandar selaku Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Direktur RSUD Prof dr Soekandar Djalu Naskutub mengatakan, pengerjaan IGD terpadu telah dimulai sejak akhir bulan Mei 2023 lalu. Ditargetkan selesai pada 30 November 2023.

Jurus PC IBI Mojokerto Tekan AKI-AKB Melalui Sejumlah Program Bersama Pemkab

"Saat ini progres pembangunan mancapai 25 persen," katanya kepada Viva Jatim, Jumat, 18 Agustus 2023. 

Ia menjelaskan, gedung IGD Terpadu ini bakal dibangun 4 lantai dan dilengkapi layanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK), radiologi, pemeriksaan laboratorium, serta ruangan operasi pasien gawat darurat (OK Emergensi). Sehingga pasien tak perlu mondar-mandir untuk mengakses berbagai layanan tersebut.

Penampakan Atap dan Bangunan SDN di Mojokerto Usai Ambruk Akibat Hujan Deras

"Lantai 1 pelayanan PONEK dan IGD kegawatdaruratan, lantai 2 untuk persalinan, lantai 3 untuk bayi, dan lantai 4 untuk operasi," ungkap Djalu. 

Selain itu, pihaknya juga menggelontorkan anggaran untuk alat kesehatan, meja dan bed  yang akan digunakan di dalam gedung tersebut. Anggaran ini disiapkan melalui P-APBD tahun 2023. Sehingga, ia memproyeksikan awal tahun 2024 gedung IGD Terpadu sudah beroperasi. Namun, untuk ruang operasi akan disiapkan secara bertahap. 

Halaman Selanjutnya
img_title