Mengenal 5 Maskot Porprov Jatim VIII, Simbol Kearifan Lokal dan Spirit Raih Juara

Gubernur Khofifah perkenalkan 5 maskot Porprov Jatim VIII
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memperkenalkan 5 maskot yang menjadi ikon Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VIII. Ajang kompetisi ini akan digelar di empat daerah, yakni Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Jombang, pada 9-16 September 2023 mendatang.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Adapun 5 maskot itu, antara lain Si Beki, maskot andalan Jawa Timur. Si Udeng dari Kabupaten Sidoarjo. Si Jatu dari Kabupaten Jombang. Cak Condro dari Kota Mojokerto. Serta Si Mada dari Kabupaten Mojokerto.

Gubernur Khofifah menegaskan bahwa seluruh maskot Porprov Jatim VIII dibuat berdasarkan nilai sejarah dan ciri khas budaya di masing-masing wilayah. Menurutnya maskot-maskot ini menyimpan semangat dan pelecut juara para atlet yang bertanding untuk mendulang prestasi.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

"Maskot-maskot ini membawa spirit para atlet untuk berprestasi dalam Porprov Jatim VIII Tahun 2023. Lebih dari itu lima maskot ini juga membawa harapan agar gelaran Porprov juga akan mendongkrak ekonomi di setiap daerah di Jawa Timur,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Senin, 28 Agustus 2023. 

Detailnya, Gubernur Khofifah menyampaikan Si Udeng yang merupakan maskot Kab. Sidoarjo didesain berdasarkan simbol kearifan lokal ciri khasnya yaitu Bandeng dan udang. Ini karena sektor perikanan di Kab. Sidoarjo layak mendapat perhatian karena potensi yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Serta secara geografi lokasi Kab. Sidoarjo dapat dikategorikan sebagai dataran delta.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

"Ini menjadi alasan kenapa Sidoarjo bisa memiliki banyak tambak seperti tambak ikan bandeng atau tambak udang yang menjadi iconnya. Selain itu letak geografisnya, berada diantara 2 sungai besar pecahan dari Sungai Brantas yaitu Sungai Mas dan Sungai Porong," jelasnya.

Maskot kedua dijelaskan Khofifah dari Kab. Jombang berwujud burung Garuda bernama Si Jatu. Dalam cerita wayang Jawa, Garuda disebut dengan nama Jatayu. Merupakan pahlawan yang menghalangi Prabu Dasamuka/Rahwana dalam penculikan Dewi Shinta, istri Siri Rama.

Halaman Selanjutnya
img_title