Tujuh Benda Pusaka dan Prasasti Kamulan Dijamas Jelang Hari Jadi Trenggalek

Proses jamasan jelang Hari Jadi Trenggalek ke-829 tahun
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim-Jelang Hari Jadi Kabupaten Trenggalek yang ke-829, dilakukan penjamasan benda-benda pusaka dan Prasasti Kamulan. Jamasan Prasasti Kamulan dilakukan di Pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjelaskan prosesi jamasan kali ini ada perbedaan dibanding dengan beberapa tahun lalu. Lantaran, Trenggalek mempunyai prasasti yang menandai 829 tahun, kini sudah pulang ke Kabupaten Trenggalek masuk dalam prosesi hari jadi.

"Kalau di tahun-tahun sebelumnya prasasti itu disimpulkan menjadi replika, ada catatan prasastinya, sekarang sudah pulang. Sementara untuk jamasan, ada 7 pusaka," ungkap Mochamad Nur Arifin, Rabu, 30 Agustus 2023.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Mas Ipin, sapaan akrab Bupati Trenggalek mengaku perbedaan lainnya lagi yaitu dalam jamasan memiliki dua pusaka baru pemberian dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Yang satu berupa tombak Wignyo Murti dan satu benda pusaka Songsong Ayomsih.

"Jadi semuanya nanti akan di inapkan, di Kamulan. Disana para tokoh agama akan mendoakan dan besok akan diboyong ke menuju Pendopo Kabupaten Trenggalek dengan prosesi kirab pusaka," ulasnya.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Pemkab Trenggalek untuk besok, secara tema mengambil 'Ngayomi, Ngayemi, Ngayani'. Yang berarti mengayomi, harapan Mas Ipin nanti seluruh masyarakat bisa turut menjiwai semangat tersebut.

Sesama masyarakat saling mengayomi, saling memberi perasaan ayem, juga pemerintah dan masyarakat saling memberikan semacam keberkahan. Termasuk penghidupan, saling tolong menolong dalam hal ekonomi di dalam masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title