Kebakaran Lereng Gunung Welirang Mojokerto Kian Meluas, Petugas Kesulitan Padamkan Api

Petugas memadamkan kebakaran Lereng Gunung Welirang di Mojokerto
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA JatimKebakaran yang melanda vegetasi di lereng Gunung Welirang wilayah Kabupaten Mojokerto sampai Selasa sore ini, 5 September 2023, belum bisa dipadamkan. Petugas gabungan masih berjibaku menjinakkan api. 

Rumah Lantai 2 Terbakar gegara Korsleting Listrik di Trenggalek 

Kabid Kedarurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim mengatakan, hingga kini api masih berkobar. Adapun titik api berada di Blok Curah Kluntung, Blok Coban Luku, dan Blok Lali Jiwo kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo, Pacet, Mojokerto. 

"Tanaman yang terbakar ilalang dan cemara gunung. (Kondisi terkini) terus meluas ke utara," katanya kepada wartawan, Selasa, 5 September 2023. 

Sehari Jelang Lebaran, Pabrik Cokelat di Surabaya Terbakar

Ratusan personel terdiri dari BPBD Mojokerto, Tahura, TNI, Polri, dan relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) telah dikerahkan ketitik api. Namun karena lokasinya sulit dijangkau, sehingga proses penanganan ini menjadi terhambat. "Informasi yang diatas masih belum turun, sekitar 126 orang, "ujar Khakim. 

Api yang membakar lereng Gunung Welirang ini akibat rembetan dari kebakaran  Gunung Arjuno, Batu, sepakan yang lalu. Api diketahui menjalar ke wilayah Mojokerto pada Senin, 5 September 2023 dini hari. 

Proses Pemadaman Kebakaran Gudang Munisi Berhasil, Masyarakat Tak Perlu Khawatir Lagi

Hingga kini, kata Khakim, luasan area yang terbakar masih belum bisa diketahui. Akibat kebakaran ini, seluruh tempat wisata dan jalur pendakian kawasan Hutan R Soerdjo ditutup sementara. 

"Kita tidak tahu penyebab kebakaranya, kita masih belum fokus kesitu, yang paling penting sekarang bisa memadamkan dulu," pungkasnya.