Dampak Kemarau, 9 Tangki Air Bersih di Kirim ke Desa Ganggang Gresik

Tangki air bersih didatangkan BPBD Kabupaten Gresik
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim – Sekitar 9 mobil tangki air bersih didatangkan BPBD Kabupaten Gresik ke Dusun Tanggulangin, Desa Ganggang, Kecamatan Balongpanggang yang selama seminggu mengalami kesulitan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga.

Desa Pangkahwetan Gresik Jadi Kampung Bandeng, Mampu Panen 20 Ton Perhari

Upaya ini dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Ganggang untuk memberikan solusi dalam mengatasi krisis air bersih untuk kebutuhan sehari-hari bagi warga dampak dari musim kemarau tahun ini. Meskipun BMKG memprediksi puncak musim kemarau di Indonesia akan terjadi pada akhir Oktober 2023 yang dipicu fenomena El Nino.

Kasi Pemerintahan Desa Ganggang Katim mengaku bersyukur dengan datangnya mobil tangki pengangkut air bersih dari BPBD Kabupaten dan Nurul Hayat. Sudah seminggu, warga Dusun Tanggulangin kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Gresik Konsisten Bangun Pustu

"Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih kepada BPBD Gresik dan Nurul Hayat yang telah memberikan air bersih sebanyak 9 mobil tangki. Ini bagian dari upaya kami untuk warga," katanya, Kamis, 14 September 2023.

Ia membenarkan jika warga sudah seminggu mengalami krisis air bersih. Selama itu, upaya warga Dusun Tanggulangin ada yang membeli air bersih dari Desa tetangga yang lumayan jauh.

Sekitar 4,61 Ribu Penduduk Gresik Ikuti BPJS Ketenagakerjaan, Sekda Beri Apresiasi

"Ya, air bersih ini sangat membantu. Pagi ini datang 2 mobil tangki besar dengan membawa air bersih berisi 5.000 liter dan 6.000 liter. Dan rencana nanti siang dua mobil tangki besar berisi 5.000 liter dan 6.000 liter. Sedangkan dari Nurul Hayat 5 mobil tangki berisi 6.000 literan," ungkap Katim.

Katim berharap bantuan air bersih bisa seminggu dua kali dan tidak berhenti sampai hari ini saja. Sebab air bersih sangat diperlukan bagi semua warga dusun.

Halaman Selanjutnya
img_title