Survei SRS: Mayoritas Nahdliyin Jatim Pilih Prabowo setelah Anies-Cak Imin Deklarasi

Hasil survei SRS terkait bacapres-bacawapres Pilpres 2024.
Sumber :
  • Dokumen SRS

Surabaya, VIVA Jatim – Deklarasi bakal capres-cawapres Anies Baswedan-A Muhaimin Iskandar atau Anies-Cak Imin (Amin) yang dilaksanakan oleh Koalisi Perubahan (NasDem, PKB, dan PKS) di Surabaya beberapa pekan lalu belum berpengaruh signifikan terhadap tingkat keterpilihan pasangan tersebut di Jatim, termasuk di kalangan warga NU (Nahdliyin). Berdasarkan hasil survei Surabaya Research Syndicate (SRS), bacapres Prabowo Subianto tetap unggul.

Nusron Sebut Mayoritas Masyayikh NU di Jawa Timur Dukung Prabowo

Peneliti Senior SRS, Edwin Abdul, menjelaskan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaganya, sebanyak 41,4 persen responden yang mengaku Nahdliyin di Jatim memilih Prabowo. Kemudian 34,3 responden memilih Ganjar Pranowo. Hanya 13,6 persen responden memilih Anies Baswedan. Sementara 10,7 persen responden Nahdliyin Jatim belum menentukan pilihan.

Begitu pula hasil survei terhadap pemilih PKB, partai yang diketua Cak Imin, untuk dukungan capres di Pilpres 2024, setelah Anies-Cak Imin deklarasi. Sebanyak 38,4 persen pemilih PKB memilih Prabowo. Sedangkan 34,5 persen pemilih PKB justru memilih Ganjar. Hanya 18,8 persen pemilih PKB yang memilih Anies. “Sementara 8,3 persen sisanya belum menentukan pilihan,” ujar Edwin, Jumat, 15 September 2023.

Bantu Warga, Prabowo Resmikan 12 Titik Sumber Air Bersih di Pamekasan

Begitu pula elektabilitas Prabowo di Jatim, unggul dengan perolehan 26,1 persen. Di bawahnya ada Ganjar Pranowo 22,6 persen dan Anies Baswedan 14,2 persen. Sementara Cak Imin justru di bawah 10 persen, kejar-mengejar dengan Mahfud MD, Ridwan Kamil, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani, Moeldko, dan Airlangga Hartarto.

Dalam simulasi 10 nama, Prabowo juga merajai dengan angka 33,7 persen. Di bawahnya ada Ganjar di angka Ganjar 27,1 persen. Anies tetap berada di posisi ketiga, yakni 14,3 persen. Begitu pula ketika sumulasi tiga nama bacapres, Prabowo menurut Edwin juga unggul, yakni 43,8 persen. Adapun Ganjar 39,7 persen dan Anies 15, 2 persen.

Blusukan dan Rembuk Bareng, Kubu AMIN Sebut Sudah Siapkan Program Khusus Nelayan

Ketika Prabowo diadu dengan Ganjar, Edwin menyebut hasilnya Prabowo 51,3 persen dan Ganjar 45,2 persen. Saat Prabowo diadu dengan Anies, hasilnya Prabowo unggul 56,8 persen, sedangkan Anies 40,1 persen. Masing-masing ada undicided voters sebesar 3 persen lebih yang bisa dijadikan ruang rebutan.

Merujuk pada hasil survei itu, Edwin menyebut deklaras Anies-Cak Imin yang diusung oleh Partai NasDem dan PKB beberapa pekan lalu di Kota Surabaya tak begitu berpengaruh. “Ini mengindikasikan bahwa deklarasi pasangan Anies-Cak Imin tidak mengubah secara signifikan konfigurasi elektabilitas bacapres di Jatim,” tandasnya.