Ganjar Pranowo Optimis Wujudkan Indonesia Maju dengan Perkuat 3 Pondasi

Bacapres 2024 Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Sebagai satu di antara tiga calon presiden lainnya, Ganjar Pranowo tampil dengan mengusung gagasan besarnya dalam mewujudkan Indonesia menjadi negara maju. Iya optimis dengan memperkuat tiga pondasi, Indonesia akan menjadi negara maju.

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Tiga pondasi itu ialah digitalisasi dalam pemerintahan, membasmi korupsi dan melipatgandakan anggaran negara untuk mewujudkan pelayanan berkualitas.

Menurut Ganjar, sistem digital pemerintahan harus ditingkatkan. Seperti digitalisasi urusan tender, pelayanan masyarakat, maupun perpajakan untuk menghilangkan celah tindak pidana korupsi.

Ganjar Usul Hak Angket Pilpres, Ketua Golkar Jatim Sebut Salah Alamat

Dikutip dari VIVA, Senin, 18 September 2023, Ganjar menyampaikan pengalamannya ketika menjabat gubernur Jawa Tengah dapat menghemat anggaran Rp 1,2 triliun melalui e-budgeting dan e-planning.

"Begitu kita potong dengan digitalisasi di pemerintahan, apa yang terjadi? 1,2 triliun duit bisa kita hemat," kata Ganjar dalam acara 'Ganjar Menjawab Tantangan Masa Depan Indonesia', yang diadakan Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, dikutip Senin, 18 September 2023.

Nusron Wahid Komentari Usulan Ganjar tentang Hak Angket DPR Terkait Dugaan Kecurangan Pemilu

Ganjar kemudian menekankan perlunya memerangi korupsi. Menurut Ganjar, budaya korupsi dapat dihapuskan dengan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam pemerintahan, mendorong budaya meritokrasi dan inovasi, melibatkan peran aktif masyarakat dalam perlawanan melawan korupsi, dan meningkatkan transparansi kinerja pemerintah.

"Kita mesti jadi pemerintahan yang bersih. Dan ini saya kira PR yang saat ini belum selesai dan kita takut untuk membicarakan secara terbuka, maka anti korupsi menjadi wajib," ucap Ganjar.

Halaman Selanjutnya
img_title