Petani di Jawa Timur Gembira Dapat Bantuan Pompa Air dari Kementan

Petani sedang memupuk lahan sawah.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Surabaya, VIVA Jatim - Petani di Jawa Timur kini merasakan manfaat positif dari bantuan alat pertanian menghadapi dampak kemarau panjang yang disebabkan oleh fenomena El Nino.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Mereka mendapatkan bantuan berupa pompa alkon, sebuah mesin diesel yang digunakan petani untuk mengalirkan air ke lahan pertanian mereka.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani (Poktan) Mundusewu, Desa Mundusewu, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Purwadi, Senin 18 September 2023.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

"Alkon ini hanya ada satu, tapi sangat membantu untuk mengairi lahan pertanian, khususnya pada musim kemarau seperti sekarang ini," katanya. 

Para petani yang tergabung ke dalam Poktan bersama Purwadi pun ungkapkan rasa syukurnya dapat bertahan berkat beragam bantuan dari pemerintah.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

"Pompa air berupa alkon ini membantu memastikan pasokan air yang memadai ke lahan pertanian milik petani, yang selama ini terdampak kekeringan akibat kemarau panjang," ujarnya.

Purwadi mengatakan, kelompok tani yang dipimpinnya mencakup sekitar 100 hektare lahan pertanian, milik puluhan petani di Poktan Mundusewu. Sebelum mendapat bantuan alkon dari Kementerian Pertanian (Kementan), petani setempat sempat mengalami gagal panen.

Halaman Selanjutnya
img_title