Foto Anies-Cak Imin Nongol di IG Kebun Binatang Surabaya, Ternyata Ulah Peretas

Unggahan akun IG KBS yang tampilkan foto Anies-Cak Imin,.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Foto bakal capres-cawapres Anies Baswedan - A Muhaimin Iskandar atau Anies-Cak Imin (Amin) bikin netizen heboh. Pasalnya foto tersebut muncul di postingan akun Instagram resmi PDTS Kebun Binatang Surabaya (KBS). Pihak pengelola KBS mengkonfirmasi bahwa akun Instagram tersebut dikendalikan peretas (hacker).

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Diketahui, foto Anies-Cak Imin yang terunggah di akun Instagram KBS ialah foto saat bakal capres-cawapres itu berpose di Monumen Insiden Hotel Yamato di Hotel Majapahit Surabaya, Jawa Timur. Keduanya berfoto di sana seusai deklarasi beberapa pekan lalu. Foto terposting pada Selasa, 19 September 2023.

"Untuk Indonesia lebih baik 2024," tulis keterangan foto yang terunggah.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Direktur Utama PDTS KBS, Khoirul Anwar, mengaku bahwa akun Instagram tersebut dibobol peretas. "Lagi kena hack, Mas," katanya dikonfirmasi wartawan.

Tim IT KBS, lanjut dia, langsung bergerak memperbaiki masalah itu. Pihak KBS juga berencana untuk melaporkan kejadian itu ke kepolisian. "Kami lagi identifikasi untuk pemulihan [akun Instagram KBS]," ujarnyKBS.

Usai Kalah Sengketa Pilpres di MK, Cak Imin Bilang Begini

Kepala Seksi Humas PDTS KBS, Lintang Ratri Sunarwidhi, mengatakan bahwa saat ini akun Instagram perusahaan daerah milik Pemkot Surabaya itu sudah bisa dikendalikan. "Sudah bisa kita pulihkan," katanya.

Ia juga menegaskan tidak terlibat dalam kampanye politik dalam bentuk apapun. "Mohon maaf atas ketidaknyamanan dari postingan yang beredar sebelumnya," tulis akun, Selasa 19 September 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title