Kadin Jatim Tolak RPP UU Kesehatan: Buat Industri Rokok Hancur

Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Purwanto (tengah)
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimKamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur tegas menolak Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang dibuat Kementerian Kesehatan sebagai turunan dari Undang-undang (UU) Kesehatan karena bisa membikin industri rokok hancur.

Kampanye 3M Plus Vaksin DBD Sasar Pengunjung Mall Tunjungan Plaza Surabaya

Ketua Umum Kadin Jatim Adik Purwanto menyampaikan, polemik seputar tembakau di negeri ini seakan tak berkesudahan. Baru saja reda gejolak tentang tembakau yang disetarakan sebagai zat psikotropika dalam draf Rancangan Undang-undang Kesehatan. Para pelaku Industri Hasil Tembakau (IHT) kembali dibuat pusing dengan adanya RPP Kesehatan.

"(Pasal) tembakau sebagai golongan psikotropika sudah dikeluarkan (dari RUU Kesehatan) tapi masih ada yang tercecer ini ya. Juga sama (RPP) ini menyulitkan kami dari dunia industri hasil tembakau," ujar Adik di hadapan awak media, Selasa 26 September 2023.

Agresi Israel di Gaza Memasuki Hari Ke-144, Hampir 30 Ribu Warga Palestina Tewas

Menurutnya, iklim IHT belakangan ini sedang tidak baik-baik saja. Trennya terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Jumlah produksi rokok juga merosot hingga empat kali lipat.

Ekosistem IHT yang kurang bagus tersebut imbas dari beragam regulasi pemerintah yang dinilai tidak mendukung tumbuh kembang ekosistem industri hasil tembakau.

Ketua Projo Jatim Dititipi Pesan Puluhan Ribu Buruh SKT

"Kalau kita ngomong semangatnya Indonesia emas, dimana Indonesia emas ini kan mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Tapi kalau industri-industri rokok bergolak kan mempengaruhi itu," lanjutnya.

Ia menambahkan, semua urusan industri hasil tembakau sebenarnya sudah diatur dengan jelas dan gamblang dalam PP Nomor 109 Tahun 2012, peraturan tersebut juga sudah diterima oleh para pelaku usaha.

Halaman Selanjutnya
img_title