Kisah Pilu Warga Jombang Terpaksa Mengungsi gegara Limbah Pabrik Kayu

Salah seorang warga menyapu debu serbuk kayu
Sumber :
  • Viva.co.id

Jombang, VIVA Jatim – Bagi warga Dusun/Desa Tunggorono, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menyapu serbuk kayu yang terbang di halaman rumah mereka adalah hal yang biasa di lakukan setiap saat. Ya, mereka harus merasakan dampak debu serbuk kayu dari pabrik pengolahan kayu di desa setempat.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Bahkan tak hanya debu serbuk kayu yang beterbangan ke rumah-rumah mereka, sejauh ini sudah ada 3 balita yang mengalami sakit infeksi saluran pernapasan (ISPA). Hingga salah satu balita bernama Saka dirawat selama 2 hari di RSUD Jombang.

Hingga kini belum ada solusi atas debu serbuk kayu yang dikeluhkan warga, bahkan warga memilih untuk mengungsi. Sebab, sampai saat ini belum ada solusi dari pemerintah maupun pihak perusahaan.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

"Sampai sekarang tidak ada perubahan. Saya menilai bahkan sangat parah sekarang," kata Ketua RT 1 RW 2, Dusun Tunggorono, Karsono, dikutip dari VIVA, Sabtu, 30 September 2023.

Tunggoron mengaku debu serbuk kayu yang berada di rumah warga di Gang I Dusun Tunggorono itu kian parah setiap harinya. Dua warga di RT nya bahkan dilaporkan mengungsi ke rumahnya yang ada di Desa Sengon.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

"Ya ada dua warga, yakni bapak sama anaknya. Sekarang mengungsi ke Sengon. Itu karena kebetulan dia mampu. Tapi bagi warga lain yang tidak mampu, ya tetap di rumah terdampak debu," ujar Karsono.

Meski demikian, saat ini warga masih menunggu janji dari pihak pabrik untuk mengatasi masalah debu serbuk kayu tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title