Kereta Cepat dari Jakarta lanjut hingga Surabaya, Jarak Tempuhnya Bisa 3,5 Jam Saja

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berada di Surabaya
Sumber :
  • Mukhammad Dhofir /Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Sukses membangun kereta cepat Whoosh, Pemerintah Indonesia bakal membangun kereta cepat yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya.

PSI Lirik Bayu Menantu Pakde Karwo Jadi Penantang Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, apabila pengembangan Kereta Cepat Merah Putih terealisasi, waktu perjalanan dari Surabaya - Jakarta hanya ditempuh 3,5 jam.

"Memang nanti menggunakan kereta itu lebih efisien. Bayangkan Jakarta - Surabaya 3,5 jam," ujar Menteri Perhubungan kepada awak media di Surabaya, Minggu 8 Oktober 2023. 

Demokrat Surabaya Hanya Usulkan Eri-Armuji di Pilwali 2024

Budi mengatakan durasi perjalanan itu dihitung berdasarkan hasil studi yang kini sedang dilakukan Kemenhub bersama PT Kereta Cepat Indonesia China selaku pemrakarsa Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Mengenai pembiayaan, ia tak memungkiri, pembangunan kereta api cepat menyedot biaya yang tidak sedikit. Meski begitu, ia menilai cost yang dikeluarkan akan terbayar dengan kebangkitan ekonomi kota-kota yang dilalui kereta api cepat.

30 Ribu Orang bakal Hadiri Pengajian Gus Iqdam di Surabaya, 1.970 Aparat Disiagakan

"Basicly memang, kereta api cepat bukan yang semata-mata comercial. Mesti ada tanggung jawab kita bersama, baik swasta atau pemerintah yang justru yang akan menerima kebangkitan ekonomi adalah kota-kota yang dilalui. Cost yang dibayarkan untuk kereta cepat terbayarkan dengan kebangkitan ekonomi di banyak daerah," lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Walikota Eri Cahyadi menyatakan dukungannya atas rencana pembangunan kereta api cepat Jakarta - Surabaya.

Halaman Selanjutnya
img_title