Hadiri Mojo Batik Festival 2023, Gubernur Khofifah: Momentum Membangun Keberagaman

Mojo Batik Festival 2023
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim –Puncak Acara Mojo Batik Festival 2023 berlangsung meriah dengan penampilan tari kolosal yang diikuti dengan fashion show beragam kreasi busana batik

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Menariknya, kreasi busana batik yang dipamerkan merupakan motif batik terbaru Kota Mojokerto hasil kurasi dan pendampingan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Motif batik dengan jenis kontemporer modern ini menggunakan pewarna alami yang ramah lingkungan. Mengusung tema langit, bumi, flora, dan fauna Kota Mojokerto, batik ini tampil elegan di atas catwalk. 

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Tak ketinggalan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut menghadiri puncak acara Mojo Batik Festival Tahun 2023 yang digelar di Alun-alun Mojokerto, Sabtu 7 Oktober 2023 malam.

Gubernur Khofifah mengatakan, Mojo Batik Festival 2023 tidak hanya sekedar pameran batik. Lebih dari itu, Mojo Batik Festival 2023 diharapkan menjadi langkah awal untuk  menggali lebih dalam filosofi kerajaan Majapahit yang melahirkan konsep Nusantara dan Bhinneka Tunggal Ika dengan membangun mutual understanding, mutual trust, dan mutual respect di nusantara.

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

"Mojo Batik Festival ini akan menjadi momentum kita untuk membangun mutual understanding. Bagaimana keberagaman ini harus dibangun dalam sebuah kesepahaman-kesepahaman. Dan apabila kita bisa membangun kesepahaman tersebut maka akan ada mutual trust antar masyarakat," katanya.

Ketika mutual trust terbangun, maka antara satu dengan yang lain tidak mudah memberikan punishment atau hal-hal yang bisa menciderai persatuan dan persaudaraan bangsa ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title