Sukses Kunyit, DSA Ponorogo Bergeliat Ekspor Temulawak 50 Ton

Ekspor komoditas temulawak dan kunyit ke India
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Ponorogo, VIVA Jatim – Komoditas lain dipandang remeh setelah kunyit adalah temulawak. Desa Sejahtera Astra (DSA) Ponorogo tengah bergeliat komoditas tanaman herbal asal Jawa ini dengan pasar ekspor.

Tiga Sektor Ini Jadi Andalan Indonesia Go Internasional menurut Menparekraf

Tanaman memiliki nama latin Curcuma Xanthorrhiza ini tumbuh dan mulai di budidayakan beberapa tahun terakhir. Ada 10 Desa di Kabupaten Ponorogo yang sukses dengan ekspor kunyit, kini juga merambah tanaman temulawak untuk ekspor.

Pendamping Desa Sejahtera Astra (DSA), Slamet Riyanto mengungkapkan bahwa tahun ini rencana ekspor tanaman temulawak bakal terealisasi. Sementara untuk tahun 2022 kemarin, DSA Ponorogo masih test case membuka pasar 50 ton atau 2 kontainer.

Ingin Punya Bentuk Tubuh Ideal? Ini Dia 10 Makanan Terbaik Pembasmi Lemak

"Untuk temulawak saya masih mencoba 2 kontainer atau ekuivalen dengan 50 ton. Bulan depan insyaallah sudah bisa ekspor," ungkap Slamet Riyanto, Minggu, 8 Oktober 2023.

Slamet menuturkan temulawak merupakan tanaman lokal yang banyak tumbuh dan memiliki pasar yang bagus. Pasalnya, banyak kegunaan tanaman tersebut mulai untuk nutrisi pakan ternak hingga jamu herbal.

Mantan Mendag M Lutfi dan Hendy Setiono Dukung Hilirisasi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya!

Sedangkan untuk pasar lokal, DSA Ponorogo mengirimkan kebutuhan ke pasar Blitar. Banyak peternak lokal yang menggunakan temulawak sebagai nutrisi karena memiliki kandungan banyak zat penting, termasuk kurkumin, protein, serat, dan mineral.

"Kirimnya ke peternak lokal di Blitar kering semua. Kalau ke Blitar kita ready stock 100 ton di lokasi kita, sambil nunggu permintaan ekspor," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title