Survei PUSAD UM Surabaya: Prabowo-Gibran Pilihan Anak Muda di Jatim

Satria Unggul Wicaksana menunjukkan hasil survei
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi Universitas Muhammadiyah (PUSAD UM) Surabaya merilis hasil survei terkait elektabilitas tiga pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) bagi pemilih muda di Jawa Timur.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Hasilnya menunjukkan, pasangan Capres Cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, unggul dibanding pasangan lainnya.

Survei PUSAD UM Surabaya dilakukan selama sepekan, dari tanggal 14 hingga 22 Oktober 2023, terhadap 1075 responden berusia 17 sampai 40 tahun.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Satria Unggul Wicaksana P Direktur PUSAD UM Surabaya mengatakan, teknik pengambilan sampel melalui metode multistage random sampling. Dimana lokasi survei diambil di semua kecamatan di 38 Kabupaten maupun Kota se-Jawa Timur.

"Kemudian, masing-masing Kabupaten kota itu diambil 4-5 orang per kecamatan untuk dijadikan sampel penelitian. Sampel tiap kecamatan dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih di tiap kecamatan dan kelurahan yang dijadikan lokasi penelitian," ucap Satria, Jumat 27 Oktober 2023.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Margin toleransi sebesar 3 persen dengan tingkat kesalahan penelitian mencapai 5 persen. Wawancara melalui telepon menggunakan kuesioner oleh enumerator. Kendali mutu juga ditempuh secara berlapis mulai dari rekrutmen, pelaksanaan training enumerator hingga validasi. Dan verifikasi pascapengumpulan data dilakukan dengan call back.

Menurut Satria, elektabilitas pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran unggul sebesar 35 persen. Oleh responden, pasangan ini dianggap cerminan pemimpin yang tegas dan berintegritas.

Halaman Selanjutnya
img_title