Gebyar Sedekah Bumi di Desa Dapet Gresik, Tumpeng Raksasa Diarak hingga Petilasan Eyang Ronggo

Sausana sedekah bumi di Desa Dapet Gresik
Sumber :
  • VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim - Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Pemerintahan Desa (Pemdes) Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik menggelar tradisi sedekah bumi resik (bersih) desa dan santunan kepada puluhan anak yatim.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Puluhan tumpeng raksasa yang dihiasi dengan bermacam buah-buahan hasil bumi serta jajanan pasar diarak mengelilingi Desa Dapet dan berakhir di petilasan Eyang Ronggo

Sedekah bumi berkolaborasi dengan pemuda Karang Taruna (Kartar) ini diadakan setiap tahun sebagai wujud terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia.

Kampanye Simpatik, Satlantas Polres Gresik Bagikan Coklat ke Pengendara

Kepala Desa Dapet Siswadi bersama Wakil Ketua DPRD Gresik Nurhamim, Camat Balongpanggang Muhammad Amri, Kapolsek AKP Zainudin para perangkat Desa, Kartar dan masyarakat desa setempat menyambut dengan antusias.

"Kegiatan sedekah bumi ini merupakan wujud syukur atas nikmat dan karunia Allah SWT yang diberikan kepada kita. Gunungan puluhan tumpeng raksasa yang merupakan hasil bumi, sebagai simbol rasa syukur kita," kata Siswadi, Minggu, 29 Oktober 2023.

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

Kepala Desa Dapet, Gresik, Siswadi, di acara sedekah bumi

Photo :
  • VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara

Ia mengatakan, bumi yang telah menghasilkan keberkahan, rejeki bagi warga desa yang mayoritas sebagai petani. Lewat sedekah bumi inilah warga bisa menjalin silaturahmi, bergotong royong dalam membangun kerukunan sekaligus melestarikan budaya bangsa.

Halaman Selanjutnya
img_title