Ada 558 DCT di Tulungagung, Jumlahnya Berkurang karena Dicoret atau Meninggal

Petinggi parpol cermati daftar caleg
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim –Proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah mencapai tahap penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada tanggal 4 November 2023 dan diumumkan kepada masyarakat. KPU Tulungagung telah menetapkan sebanyak 558 calon legislatif (caleg), berkurang 2 orang karena meninggal dunia dan ada yang dicoret keanggotaannya.

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Komisioner KPU Tulungagung Divisi Teknis Penyelenggaraan, Muchamad Arif, mengungkapkan bahwa hari ini pihaknya meminta persetujuan kepada partai politik. Hal ini terkait desain surat suara dan pengecekan kesalahan pada nama-nama calon, hari dilakukan perapproval kepada pimpinan parpol.

"Setelah ini KPU menetapkan daftar calon tetap Caleg DPRD Kabupaten Tulungagung. Dari total 560 DCS itu berkurang 2 menjadi tinggal 558 itu yang kita tetapkan di DCT," ujar Muchamad Arif, Jum'at, 3 November 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Dia mengatakan bahwa pada tanggal 4 November 2023, daftar nama-nama calon diumumkan di media sebagai bagian dari proses yang harus dilalui. Dia mengaku bahwa ada perubahan dalam DCT setelah dilakukan peninjauan, di mana ada 2 calon legislatif yang tidak memenuhi syarat.

"Pertama adalah karena meninggal dunia, kedua ada yang dicabut keanggotaan oleh parpol. Yang meninggal dunia dari PPP dan yang calon legislatif dicabut keanggotaannya dari PSI," terangnya.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Alumnus S1 di STAIN Ponorogo pada tahun 2003 mengatakan beberapa parpol sebelum penetapan final dimintakan persetujuan. Ketika sudah setuju, tinggal menunggu hasil persetujuan secara nasional.

Beberapa yang memang masih ada kesalahan mulai nama ejaan hingga gelar. Petinggi Parpol masih bisa mengubah melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Baru malam hari Silon akan ditutup dan sudah tidak bisa dirubah.

Halaman Selanjutnya
img_title