Kemensos RI Tinjau Bakti Sosial Operasi Katarak di RSUD dr Iskak Tulungagung

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini di RSUD dr Iskak Tulungagung.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimKementerian Sosial RI meninjau 'Bakti Sosial Operasi Katarak' yang diselenggarakan di RSUD dr Iskak Tulungagung. Ada sebanyak 150 pasien yang bakal menjalani operasi katarak hingga akhir November 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Bakti Sosial Operasi Katarak tersebut merupakan kolaborasi antara Kementerian Sosial Kabupaten Tulungagung, RSUD dr Iskak, Yayasan Peduli Amal Peduli Kasih (YPP), SCTV, Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami).

Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang membantu bakti sosial ini. Pasalnya, Kemensos tidak ada anggaran untuk mengoperasi ribuan penderita katarak di Indonesia. Termasuk juga menangani sahabat disabilitas yang menderita Katarak.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

"Kenapa kegiatan ini kita lakukan, jadi temuan saya itu para warga yang disabilitas, buta lantaran terlambat operasi. Kami Mensos juga menangani disabilitas tuna netra. Nah akhirnya dari situ kami sampaikan kita harus cegah," beber Tri Rismaharini, Rabu, 22 November 2023.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini mengaku pasien penderita Katarak menjadi disabilitas tuna netra, maka yang terjadi adalah keluarganya pun selain bersangkutan tidak produktif banyak aktivitas yang tergantung kepada orang lain dan itu rata-rata keluarga dekat.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Keluarganya pun juga tidak produktif, jadi karena itu kenapa kemudian kita lakukan setiap bulan. Bahkan nanti bulan depan saya lakukan seluruhnya di seluruh balai kami di Indonesia," paparnya.

Bu Risma, sapaan akrabnya mengaku rata-rata memang penderita berasal dari daerah pantai. Karena bekerja sebagai nelayan kemudian terkena matahari radiasi itu yang membuat angka sebaran kasus tinggi.

Halaman Selanjutnya
img_title