Pemkab Trenggalek Sabet Penghargaan Kabupaten Inklusi dari Gubernur Jatim

Pemkab Trenggalek Dinobatkan sebagai Kabupaten Inklusi
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim-Puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Temu Inklusi, Provinsi Jatim di GOR Gajah Putih, Trenggalek beberapa waktu lalu menjadi istimewa. Pemkab Trenggalek meraih penghargaan sebagai 'Kabupaten Inklusi tahun 2023' dari Gubernur Jatim.

Gresik Inisiasi Desa Ramah Perempuan dan Anak

Penghargaan tersebut diberikan lantaran Pemerintah Provinsi Jatim menilai Kabupaten Trenggalek memiliki kepedulian tinggi terhadap sahabat disabilitas. Terlebih, melalui kepedulian itu Pemerintah Provinsi Jatim sendiri menunjuk Kabupaten Trenggalek sebagai tuan rumah peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Provinsi Jatim tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekda Provinsi Jatim, Andhy Karyono kepada Sekda Trenggalek, Edy Soepriyanto, Minggu, 3 Desember 2023. Edy Soepriyanto mengatakan penghargaan ini merupakan jerih payah seluruh masyarakat Trenggalek.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Lantaran telah mewujudkan kabupaten inklusi dibutuhkan komitmen banyak pihak tidak hanya pemerintah Kabupaten saja. Pun juga optimalisasi peran perempuan, anak, disabilitas maupun kelompok rentan.

"Pemkab menggagas Sekolah Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan yang lebih dikenal dengan 'Sepeda Keren'," ujar Edy Soepriyanto dalam keterangannya.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Edy Soepriyanto menambahkan bahwa kelompok rentan tersebut diberikan penguatan seperti sekolah vokasional sehingga mereka mau dan mampu meningkatkan kemampuan sesuai minat bakat. 

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Trenggalek juga melibatkan kelompok rentan yang didalamnya juga ada disabilitas dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah melalui Musrena Keren (Musyawarah Perencanaan Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan). 

Halaman Selanjutnya
img_title