Hadiri Hari Nusantara 2023 di Surabaya, Gubernur Khofifah: Nelayan Pemersatu NKRI

Gubernur Khofifah dan Kepala DKP Jatim Isa Anshori di Hari Nusantara.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri peringatan Hari Nusantara ke-24 tahun 2023 yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemprov Jawa Timur di Taman Hiburan Pantai Kenjeran, Surabaya, Senin 11 Desember 2023.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Pada kesempatan itu, Gubernur Khofifah menyapa sekaligus mengapresiasi antusiasme 2.500 nelayan, petambak, dan pembudidaya ikan yang datang dari berbagai kabupaten maupun kota se-Jawa Timur dalam menghadiri kegiatan tahunan tersebut. 

Ia menyebut nelayan selama ini telah memberikan banyak kontribusi. Selain itu, Khofifah juga bilang bahwa nelayan adalah pemersatu Indonesia sebagai negara bahari.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

"Nelayan tidak hanya memberi kontribusi terhadap PDRB dan PDB. Bagaimana nelayan membangun kekuatan untuk bisa menyiapkan logistik dan terutama ketahanan pangan. Namun yang tadi saya sampaikan bahwa nelayan telah melakukan ikhtiar untuk memainkan  fungsi sebagai pemersatu Negeri Bahari, Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Gubernur Khofifah menambahkan, sektor kelautan dan perikanan juga menjadi faktor penting dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Aneka produk ikan yang dihasilkan menjadi asupan pangan utama guna menyiapkan generasi unggul 2045. 

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Hal ini selaras dengan tema Sapa Nelayan pada peringatan Hari Nusantara kali ini, yaitu Ikan untuk Generasi Emas 2045.

"Jawa Timur sendiri memiliki potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar. Jawa Timur memiliki produksi perikanan tangkap  tertinggi  secara  nasional sebesar 598.317 ton dan perikanan budidaya tertinggi kedua sebesar 1.314.200,80 ton," tandas Khofifah.

Halaman Selanjutnya
img_title