Tangkal Berita Hoax di Pemilu 2024, Bawaslu Gresik Kolaborasi dengan Diskominfo dan Pers

Bawaslu Gresik
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, Viva JatimBadan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik menggelar diskusi sosialisasi pengawasan partisipatif partisipasi pers dan penggiat media sosial (medsos) dalam pengawasan pemilu 2024 di Kabupaten Gresik, Senin, 11 Desember 2023.

Sambut Pilkada 2024, Bawaslu RI Segera Seleksi Panwascam

Koordinator Divisi Pencegahan, Humas dan Parmas Bawaslu Gresik Habiburrahman mengatakan pengawasan dan penguatan partisipatif, Bawaslu berkewajiban untuk menjalin kemitraan dengan seluruh stakeholder baik swasta maupun pemerintahan, untuk penguatan pengawasan di Pemilu 2024 nanti.

"Kita bermitra dengan Diskominfo dalam rangka penguatan partisipatif khususnya kampanye di medsos, (siber). Di mana, peserta pemilu diperbolehkan berkampanye di dunia maya yang wajib didaftarkan ke KPU.

Pesan AHY Soal Pemilu 2024 Saat Hadiri Acara Paskah di Surabaya

Dalam hal ini Bawaslu berkewajiban pengawasan di dunia maya (siber)," katanya.

Bawaslu dan Kominfo akan mengawasi isu-isu negatif di dunia maya. Misal saat di dunia nyata ketemu biasa saja, tapi saat di dunia maya, beda lagi jari-tidak bisa di kontrol, saling menghujat.

Menteri Bahlil: Idul Fitri Momentum Saling Memaafkan Usai Pemilu 2024

"Nah, kalau kaitannya dengan pelanggaran administrasi bisa di tangani Bawaslu, tapi jika menjurus ke pidana, akan di tangani sentra Gakkumdu (Bawaslu, polisi dan jaksa)," ucap pria yang akrab disapa Habib ini.

Kemudian lanjutnya, peran media ini sangat penting karena pilar demokrasi salah satunya media. Karena itu, mengajak teman-teman media memberi Edukasi ke masyarakat secara berimbang, karena media harus netral. 

Halaman Selanjutnya
img_title