Bawaslu Gresik Lantik 54 Anggota Panwascam, Pakai Baju Adat Simbol Politik Berbudaya

Anggota Panwascam menggunakan pakaian adat saat dilantik Bawaslu Gresik
Sumber :
  • VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik melantik sekaligus mengambil sumpah 54 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), 12 perempuan dan 42 laki-laki. Uniknya, seluruh anggota Panwascam hadir dengan menggunakan pakaian adat.

Saat Anggota TNI-Polri Alumni AKABRI 94 Kompak Baksos ke Nelayan Surabaya

Hal itu menggambarkan Indonesia yang terdiri dari berbagai adat dan suku menjaga NKRI untuk mewujudkan demokrasi yang bersih dan berkualitas. 

Prosesi pelantikan dipimpin Ketua Bawaslu Gresik Achmad Nadhori. Hadir Sekda Kabupaten Gresik Achmad Washil, Ketua Bawaslu Jatim A Warits, dan jajaran Forkopimda.

Diantar Puluhan PKL, Cabup PKB Syahrul Munir Daftar ke Partai Demokrat Gresik

Achmad Nadhori menjgatakan, pelantikan mengusung tema Politik Berbudaya. Semua anggota Panwancam sengaja mengenakan berbagai pakaian adat kedaerahan sesuai semboyang Bhineka Tunggal Ika.

"Sengaja kita pilih tema Pilkada yang berbudaya. Artinya harapan kami dalam Pilkada ke depan bisa mengutamakan etika untuk berpolitik yang baik. Berperilaku santun yang baik," ujarnya dalam sambutan  saat pelantikan, Kamis, 24 Mei 2024.

Sah! SK Rekomendasi Turun, PKB Gresik Usung Syahrul Munir di Pilkada 2024

Prosesi pelantikan Panwascam Gresik

Photo :
  • VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara

Usai dilantik, Panwascam langsung akan diberikan pembekalan terkait pengawasan Pilkada 2024. Tidak hanya pengawasan, tetapi juga tentang tugas dan fungsi Panwascam. 

Halaman Selanjutnya
img_title