Sukses Kelola Irigasi, Dinas PU SDA Jatim Gelar Mantu Banyu

Tasyakuran mantu banyu 90 tahun irigasi waduk pacal
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Bojonegoro, VIVA Jatim – Dinas Pekerjaan Umum Sumberdaya Air (PU SDA) Provinsi Jawa Timur, bersama Balai Besar Bengawan Solo (BBWS) menggelar acara tasyakuran mantu banyu 90 tahun irigasi waduk pacal, Selasa, 13 Desember 2023.

Dina Tia, Mahasiswi KPI UINSA Surabaya Jadi Duta Ekowisata Jatim 2024

Kepala Dinas PU SDA Provinsi Jawa Timur, Baju Trihaksoro, menyampaikan kegiatan tasyakuran mantu banyu 90 tahun irigasi waduk pacal ini adalah inisiatif para petani yang diwakili oleh para anggota gabungan himpunan petani pemakai air (GHIPPA) daerah Waduk Pacal yang saat ini sudah mengairi selama 90 tahun.

Dengan diselenggarakannya mantu banyu ini diharapkan pengelolaan sumber daya air di Kabupaten Bojonegoro khususnya di waduk pacal ataupun waduk gongseng semakin baik.

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

“dan kedepan ini akan menjadi kegiatan tahunan yang digelar keliling jatim ke lokasi bangunan air yang baru atau pun peninggalan masa kolonial," tuturnya.

Sementara itu, Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Jawa Timur, Akhmad Jazuli mengatakan dengan diadakannya tasyakuran mantu banyu ini menunjukkan semangat masyarakat dalam melestarikan budaya Waduk Pacal yang saat ini genap berusia 90 tahun.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Pihaknya berharap, kedepannya kekompakan dan kerukunan untuk mengelola bersama-sama kebutuhan air dari Waduk Pacal. 

“Selain dengan pengelolaan sumber air ini dapat menjadikan Provinsi Jawa Timur khususnya Kabupaten Bojonegoro menjadi lumbung pangan nasional,” harapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title